Burung Cendrawasih Merupakan Ciri Khas Motif Ragam Hias Dari Daerah

Burung Cendrawasih Merupakan Ciri Khas Motif Ragam Hias Dari Daerah

Burung Cendrawasih adalah burung nan berasal bermula Indonesia bagian timur, Australia Timur, Papua Nugini, dan pulau-pulau selat Flores. Kontol cendrawasih (Paradisaeidae) dijuluki seumpama  butuh suraloka karena keelokannya yang terkenal di seluruh bumi.

Keanggunan tersebut kembali membuatnya banyak diburu bikin diperjual-belikan sehingga populasinya semakin menurun.

Lakukan memaklumi secara detail akan halnya burung cantik khas Indonesia ini, berbarengan namun kita telaah secara lengkap.


Ciri-ciri Penis Cendrawasih

twitter.com

Burung cendrawasih memiliki ciri individual yaitu jantannya punya rambut yang berwarna-warna dan kilat, biasanya adalah warna asosiasi antara hitam, mentah, merah , biru dan kuning. Selain itu juga mereka menjurus mempunyai bulu-bulu tersendiri yang tumbuh di beberapa fragmen tubuh, tercatat ekor.

Puas masa kawin, mereka sekejap-sekejap melakukan disko-tarian buat memikat n antipoda varietas sambil bernyanyi di atas dahan pohon dan tarian mereka bisa saja berbeda sesuai tipe mereka.


Klasifikasi Burung Cendrawasih

penyebab burung cendrawasih langka
en.wikipedia.org

Burung cendrawasih tersurat dalam famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Ada 43 jenis burung cendrawasih bersumber 13 genus yaitu Lycocorax satu jenis, Manucodia lima diversifikasi, Paradigalla dua jenis, Astrapia panca tipe, Parotia enam jenis, Pteridophora satu spesies, Iophorina suatu tipe, Ptiloris catur variasi, Epimachus empat jenis, Cicinnurus tiga jenis, Semioptera satu diversifikasi, Seleucidis satu jenis, dan Paradisaea sapta jenis.

Salah satu jenisnya, Paradisaeidae apoda atau burung cendrawasih kuning besar, merupakan salah satu spesimen yang dibawa ke Eropa dalam ekspedisi jual beli cak bagi dijadikan paesan. Internal perjalanannya, pedagang membuang kaki si burung mudahmudahan kamu terus berlarut-larut di awan, itulah mengapa burung tersebut dinamai bird of paradise (kontol kayangan) dan apoda (minus suku)


Jenis-tipe Burung Cendrawasih

Pelir cendrawasih memiliki jenis nan dahulu beraneka macam dan sebagian besar bisa ditemukan di daerah indonesia, terutama Papua. Jenis zakar cendrawasih umumnya dinamai sesuai dengan ciri fisik dan warnanya.


1. Cendrawasih Botak (Wilson’s Bird of Paradise)

burung cendrawasih merupakan ciri khas motif ragam hias dari daerah
materiIPA.com

Burung cendrawasih sulah n kepunyaan matra raga yang kecil dengan panjang sekitar 21 cm dan hanya ditemukan di alas dataran rendah di distrik Papua Barat, tepatnya di pulau Waigeo dan Batanta.

Jantan dari jenis ini memiliki corak bulu yang berbeda di setiap bagian tubuhnya, bagian jasmani mereka berwarna hitam dan merah dengan tengkuk kuning, kaki biru, kulit kepala bercelup biru terang dengan pola dua kayu palang, mulut hijau, dan sepasang ekor ungu yang buntak.


2. Cendrawasih Gagak (Paradise Crow)

burung cendrawasih dari mana
omkicau.com

Burung cendrawasih gagak memiliki warna bulu yang hampir seperti burung dendang yaitu hitam terlarang dan lumat, paruhnya lagi berwarna hitam dan matanya bangkang. Mereka gelojoh memperlainkan kritik mirip salak. Ukuran tubuhnya sekitar 34 cm, betinanya lebih kecil dibandingkan jantannya. Cendrawasih gaok boleh ditemui di kawasan pangan dataran rendah di daerah Maluku Utara.

Baca :   Cara Meminjam Pulsa Axis


3. Cendrawasih Biram ( Red Bird of Paradise )

burung cendrawasih adalah satwa asli daerah
hewanpedia.com

Sesuai dengan namanya, Titit cendrawasih biram didominasi oleh surai berwarna merah, dengan warna kuning di bagian gala sampai dada. Keberagaman ini memiliki matra tubuh sekitar 33 cm sampai 72 cm dengan jantan yang makin besar daripada betina. Kulit tampang mereka berwarna hijau zamrud dengan paruh asfar sorot.

Ekor Red Bird of Paradise panjang mengampai bercelup merah dengan warna putih di ujungnya, dan dihiasi oleh dua saur benang panjang nan menjadi ciri khasnya. Mereka bisa ditemukan di wilayah Raja Ampat, Papua Barat.


4. Cendrawasih Bidadari Halmahera (Semioptera Wallacii)

burung cendrawasih air keras
ksdae.menlhk.go.id

Burung cendrawasih bidadari halmahera adalah burung endemik kepulauan Maluku atau pulau Halmahera. Jenama bidadari halmahera konon diberikan oleh George Robert Gray dari museum Inggris untuk menghormati Alfred Russel Wallace, orang Eropa yang pertama siapa menemukan jenis burung ini plong hari 1858.

Ceceh cendrawasih bidadari halmahera memiliki ciri singularis dua pasang bulu tangga berwarna murni yang menekuk keluar dari sayapnya dan bisa diturunkan dan ditegakkan sesuai kerinduan sang burung.

Jantan terbit jenis ini bercelup coklat zaitun dengan mahkota ungu mengkilat, dan memiliki pelindung dada berwarna zamrud. Sedangkan betinanya bercat coklat dan kurang menarik serta memiliki ekor yang lebih panjang dan format tubuh yang lebih kecil. Cendrawasih bidadari Halmahera nekat menuju berkumpul dan menandak di atas udara dengan meluaskan penaung dadanya dan mengibarkan bulu safi panjang di sayapnya.

Semioptera Wallacii bagak juga bersifat poligami. Mereka sah makan buah-buahan, insek, dan artropoda. Sesuai namanya, cendrawasih varietas ini hidup di wilayah Halmahera.


5. Cendrawasih Astrapia Arfak

burung cendrawasih botak
intisari.grid.id

Nama burung cendrawasih Astrapia Arfak berasal berusul bahasa Yunani (Astrapia) yang berfaedah penyinaran dan bahasa Latin (Arfak) yang bermakna hitam.

Burung ini mempunyai corak dominan hitam dengan campuran warna ungu, kaleng dan baru. Astrapia arfak punya ekor yang tinggi dan ketul serta paruh yang pendek. Mereka memiliki tingkatan sekitar 60 cm dan bercelup hitam dan babak tengkuknya berwarna kuning, episode sayap dan ekornya memiliki dandan ungu berkilau.

Padahal betinanya berwarna coklat kehitaman dengan bagian tembolok berwarna pucat benihan. Tataran astrapia arfak betina sekitar 50 cm. Cendrawasih macam ini biasa ditemukan di wilayah pegunungan Arfak, Papua.


6. Cendrawasih Parotia Arfak

burung cendrawasih berada di
eBird.org

Burung cendrawasih parotia arfak ini berkarakter dimorfik, yakni kesatria dan betinanya punya dandan yang farik. Zakar ini hanya ditemukan di kawasan semenanjung Wandamen dan jenggala pegunungan Vogelkop.

Pejantan parotia arfak berbulu hitam dengan paesan segitiga perak di atas kepalanya. Kepala dan tenggorokannya memiliki warna cerah maupun pelangi mengkilat. Di bagian dadanya terdapat bulu hitam memanjang dan memiliki tiga helai kawat pajang di masing-masing birit matanya. Pejantan bersifat poligami. Betinanya memiliki dandan bulu coklat dan bukan memiliki hiasan seperti jantan dan hanya n kepunyaan telur suatu setakat tiga butiran setiap bertelur.

Di musim kawin, pejantan akan goyang badan sama dengan balerina dengan mengembangkan rambut hitam panjangnya tepat di fragmen radiks pelindung dada.


7. Cendrawasih Asfar Kecil (Lesser Bird of Paradise)

burung cendrawasih khas daerah
ebird.org

Titit cendrawasih kuning kecil berukuran sekitar 32 cm. Corak bulu depannya coklat kemerahan sedangkan bagian belakangnya berwarna kuning kecoklatan, ekornya panjang dan lebat bercat kuning dan putih.

Cara membedakan antara jantan dan betina adalah pada halkum cendrawasih asfar kecil jantan terdapat bulu berwarna hijau, temporer betinanya memiliki bulu putih di adegan dadanya dan kepalanya bercat coklat. Rezeki cendrawasih varietas ini adalah biji pelir-buahan dan serangga.


8. Cendrawasih Raggiana (Raggiana Bird of Paradise/Count Raggi’s Bird of Paradise)

burung cenderawasih kbbi
twitter.com

Ceceh cendrawasih Raggiana punya panjang bodi 34 cm. Bulunya bercelup berma-coklat keabu-abuan, dan matanya bercat kuning. Perbedaan antara jantan dan betinanya adalah bulu di sekitar tenggorokan kontol cendrawasih raggiana nyali berwarna hijau dan punya mahkota asfar dikepalanya. Sementara itu betinanya berukuran makin kecil dan memiliki bulu bercelup coklat.

Baca :   Surat Lamaran Kerja Pdf Edit


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

9. Cendrawasih Astrapia Ekor Pita (Ribbon-Tailed Astrapia)

burung cendrawasih dari daerah
shaneberryphotography.com

Burung cendrawasih astrapia ekor pita memiliki ciri khas yaitu ekor putih seperti pita nan panjangnya bisa mencapai 3 mana tahu matra tubuhnya. Ukuran tubuhnya sendiri sekitar 32 cm. Astrapia ekor ban dakar n kepunyaan bulu berwarna hitam dan kombinasi bau kencur di kepalanya, padahal betinanya berwarna coklat.


10. Cendrawasih Biru ( Blue Bird of Paradise )

Matra bodi zakar cendrawasih spektakuler sekitar 31 cm, dengan warna bulu berwarna hitam dan kaki serta mata berwarna coklat. Disebut ceceh Blue Bird of Paradise karena seluruh adegan sayapnya bercat sensasional semarak. Mereka bisa ditemukan di wilayah Papua Nugini.


11. Cendrawasih Panji ( King of Saxony Bird of Paradise)

burung cendrawasih emas
ebird.org

Burung cendrawasih panji mempunyai ukuran tubuh nan terbilang kecil, yaitu sekitar 22 cm untuk jantan dan betinanya sekitar 19 cm. Burung yang bisa ditemukan di sekitar rangkaian gunung Jayawijaya ini n kepunyaan surai bercat hitam di episode atas tubuhnya dan coklat muda plong bagian perutnya.

Keunikannya merupakan mereka mempunyai dua bulu panjang berdosis 42 cm berwarna loklok di dua sisi kepalanya nan digunakan untuk mengganjur pikiran sang betina. Burung cendrawasih panji jantan biasa menarik perhatian lebah ratulebah dengan bernyanyi dengan kritik omelan yang keras di atas dahan pokok kayu dan mereka dapat berkembang biak di sepanjang musim.


12. Cendrawasih Belah Rotan ( Magnificent Bird of Paradise )

burung cenderawasih dalam english
flickr.com

Zakar cendrawasih belah rotan memiliki ukuran tubuh yang lain kalah imut berpokok cendrawasih panji yaitu seputar 26 cm. Populasi mereka tersebar di wilayah hutan dan jabal Papua New Guinea. Mereka punya ciri khas yaitu sepasang ekornya yang panjang dan melengkung bercelup biru-hijau.

Pejantannya memiliki sepasang sayap berwarna kuning kurat, kaki biru, bulu leher asfar dan bulu di selingkung dadanya berwarna hijau. Sementara itu si lebah ratulebah n kepunyaan bulu bercat coklat.


13. Cendrawasih Toowa viktoria ( Victoria’s Riflebirds )

burung cendrawasih hidup di
birdlifephotography.org.au

Zakar cendrawasih Toowa viktoria bahadur berbulu ungu mengkilat dan bagian dadanya berwarna kaleng serta kepala nan bercat yunior-biru. Sementara itu betinanya memiliki bulu dada coklat haram serta punya alis pucat.

Burung ini punya kemampuan mengaibkan biji kemaluan-buahan dengan cara memegangnya dengan suatu kaki kemudian mengulitinya memperalat paruhnya. Selain buah-buahan, tipe toowa viktoria juga memakan serangga.

Mereka merupakan kontol endemik kewedanan Queensland, Australia dan bertakaran sedikit kian 23-25 cm.


14. Cendrawasih Princess Stephanie’s Astrapia

burung cendrawasih hanya berada di pulau
ebird.org

Burung cendrawasih princess stephanie’s Astrapia yakni burung endemik di wilayah hutan pegunungan Papua New Guinea adegan timur-tengah.

Label berpokok diversifikasi ini diambil dari nama putri Belgia, dara Stephanie. Ciri dari ceceh ini adalah jantannya memiliki bulu berwarna hitam dengan kepala yang berwarna bau kencur biru dan ungu. Padahal kalam betina punya bulu bercelup coklat bawah tangan dan kepalanya berwarna hitam kebiruan. Tahapan burung cendrawasih princess Stephanie’s Astrapia adv minim lebih 37 cm.


15. Cendrawasih Hening-Benang besi ( Twelve-wired Bird of Paradise )

burung cendrawasih hewan khas dari
bbc.co.uk

Ceceh cendrawasih mati-kawat kesatria memiliki koneksi bulu berwarna hitam di bagian atas tubuhnya dan asfar di bagian bawahnya. Sayapnya berwarna ungu berkilau dan mempunyai paruh hitam tingkatan serta netra ahmar.

Ciri istimewa pelir nyali ialah memiliki dua belas filamen yang berbentuk seperti kawat berwarna hitam dan melengkung ke belakang di penggalan ekornya. Tentatif betinanya berambut coklat di bagian atas dan coklat di penggalan bawah. Kakinya lautan dan kuat bercat pink.

Baca :   Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kain Flanel


16. Cendrawasih Kerah ( Superb Bird of Paradise )

burung cendrawasih indonesia
macaulaylibrary.org

Burung cendrawasih kerah memiliki sistem asmara nan terbilang terik. Sang betina berwarna coklat dan sangat diskriminatif-pilih kebalikan, dan baru bersedia gayutan dengan jantan sortiran sehabis menolak selingkung 15 pejantan nan bukan. Provisional pelir jantannya bercelup hitam dengan mahkota biru kehijauan. Mereka sebentar-sebentar berjoget-nari untuk menjujut pasangannya.


17. Cendrawasih kuning Osean ( Paradisaea Apoda)

burung cendrawasih merupakan ikon pulau papua
dewikrt.blogspot.com

Burung cendrawasih kuning besar merupakan jenis dengan ukuran yang minimal besar dibandingkan dengan jenis lainnya, panjangnya menjejak 43 cm.

Cendrawasih jenis ini sepan terkenal di awam Papua, ciri khasnya yakni punya bulu panggul yang panjang dan indah bercelup kuning dengan ujung kalis. Surai tubuhnya bercelup merah kecoklatan dan memiliki mahkota berwarna kuning. Sendal dadanya bercat coklat kehitaman dan leher bercat zamrud.

cendrawasih kuning samudra habis selit belit hinggap dan mencecah petak, mereka lebih sering menghabiskan waktu dengan melayang-layang di awan sepanjang hidupnya.

Fakta Burung Cendrawasih

  1. Burung Cendrawasih menjadi kancing tarik karena dandan bulunya yang semarak dan bermacam-variasi, kebanyakan adalah warna-warna mencolok sebagaimana merah, kuning, yunior, dan sensasional.
  2. Terdapat 43 spesies pecah 14 genus, 30 jenis diantaranya dapat ditemukan di daerah Indonesia.
  3. Memiliki ukuran tubuh yang sangat beragam mulai dari yang terkecil seputar 15 cm sampai nan paling kecil lautan 110 cm.
  4. Puas tahun 1522, burung cendrawasih menjadi hadiah untuk raja-sunan karena keindahannya. Dan pada abad 19  bulunya menjadi tren buat bahan membuat topi wanita-wanita Eropa sehingga satwa tersebut menjadi komoditas ekspor impor.
  5. Selain diperjual belikan untuk paesan kopiah turki wanita Eropa, bulu penis cendrawasih kembali caruk digunakan bakal  acara ritual dan hiasan gaun adat.
  6. Burung cendrawasih nan diperjual-belikan baik spirit maupun awetan harus melangkahi prosedur dan dari pihak  yang telah mengantongi izin. Harga satu ekornya bisa mencecah puluhan juta rupiah.
  7. Ceceh cendrawasih pertama mungkin populer di Eropa karena program televisi yang dipandu makanya David Attenborough, seorang penyiar dan pecinta alam sumber akar Inggris yang memiliki ketertarikan di mayapada sato, pada  hari 1996.
  8. Memiliki alat pencium penciuman dan pendengaran nan radikal, maka pecah itu jika kepingin melihat penis cendrawasih  dari dekat, bukan disarankan untuk memakai bebauan.
  9. Termasuk salah satu dabat yang dilindungi di Indonesia karena populasinya yang semakin menurun akibat perburuan.
  10. Salah satu cara melestarikan satwa khas Indonesia tersebut yaitu dengan adanya pelarangan perburuan dan    menggandar zakar cendrawasih secara bebas.
  11. Lamun berasal bermula wilayah Papua, cak semau tarian daerah Bali yang terinspirasi semenjak joget burung cendrawasih di musim relasi, yaitu tari cendrawasih.


Habitat Kontol Cendrawasih

Burung cendrawasih halal ditemukan di rimba dataran rendah di provinsi kepulauan selat Tores, Papua, Papua Nugini dan Australia Timur. Indonesia merupakan negara nan beruntung karena sebagian samudra dari spesies butuh ini dapat ditemukan di Indonesia, dengan rotasi sekitar 28 jenis di distrik papua, dan dua lainnya di kepulauan Halmahera dan gugusan pulau Tores.

Mereka menyukai habitat dengan vegetasi lebat yang biasa terletak di hutan hujan tropis. Sarangnya dibangun pada tanaman dengan percabangan yang rapat dan tingkatan serta terdapat bilang tanaman merambat di sekitarnya, beberapa diversifikasi tumbuhan yang digunakan adalah beringin ( Ficus Benjamina) dan pala ( Myristica sp ). Di pohon tersebut, mereka bertengger, beristirahat, bersarang dan menurunkan telur-telurnya.

Bagaimana? ternyata banyak sekali  satwa Indonesia nan harus dijaga kelestariannya seperti mana penis cendrawasih yang rupawan dan unik ini.

Burung Cendrawasih Merupakan Ciri Khas Motif Ragam Hias Dari Daerah

Source: https://www.selasar.com/burung-cendrawasih/

Check Also

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan Youtube Majalah Bobo Cak kenapa Burung Garuda Pancasila …