Burung Emprit Warna Warni

By | 03/09/2022

Burung Emprit Warna Warni

Burung kerdil ini cangap dipandang sebelah ain karena banyak berkeliaran di sekitar rumah baik di pohon, kabel listrik, dan diatas apartemen dan kita sampai-sampai menemukannya intern jumlah nan banyak di sawah terutama saat padi matang. Apakah butuh yang di nama “burung kampung” ini tidak menjujut? Baca terus kata sandang 10 spesies butuh pipit warna-warni yang barangkali merubah pandangan anda terhadap zakar kerdil ini.

Ceceh pipit tertulis dalam famili
Estrildidae
atau burung berparuh singkat predator biji-bijian. Burung pipit dalam bahasa inggris disebut bak
finch. Indonesia mengenalnya sebagai emprit atau bondol. Kerabat dekat pipit hias yang minimum sering kita jumpai adalah titit gereja. Burung dom berasosiasi dekat dengan anak adam.

Penis pipit memiliki ciri: ukuran tubuh boncel, ekor pendek, paruh tebal dan pendek yang berfungsi untuk memecah nilai-bijian. Sarang boleh berbentuk seperti bola yang terbuat dari patera cengkar dan ranting serta memiliki gedung nan rumit. Burung pipit sering ditemukan hidup bergerombol dan membentuk gerombolan n domestik besaran besar, sering dianggap hama oleh para petani. Pelir ini tersebar diberbagai negara di Asia, Australia, Afrika dan Eropa. Berikut 10 jenis butuh pipit serba-serbi nan boleh kita jumpai :


Gouldamadine (Erythura gouldiae)

Kalam pipit ini belalah diklaim bak pipit tercantik didunia. Anda nan pertama mungkin melihatnya pasti terbujuk dengan dandan bulunya yang cantik. Corak bulunya bercat–warni sama dengan pelangi. Ada banyak jenis
gouldamadine
yang dibedakan berdasarkan corak bulunya. Ras zakiah memiliki corak bulu punggung hijau, asfar, biru, dan putih. Habitat aslinya dari pecah Australia Utara. Lihat rona bulunya, sangat elok bukan?

Gouldamadine (Erythura gouldiae)

Rajah Burung Gouldamadine


Pipit Benggala (
Amandava amandava
) / Strawberry Finch

Pipit ini sekali lagi dijuluki dengan segel pipit benggala atau
strawberry finch
sebab badannya boncel dengan rona merah seperti buah strawberry. Ukuran tubuhnya mungil. panjang berbunga ujung paruh hingga ujung ekor tidak lebih dari 10 cm. Paruh bercat merah kurat, rambut dada merah dihiasi titik-bintik bercat lugu.

Penis
pipit
merah cantik ini tersebar luas mulai dari India, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Malaysia. Pipit benggala menyukai angka-bijian semisal gabah dan
canary seed. Berminat memakannya ehh..maksudnya memeliharanya?

Baca :   Contoh Surat Permohonan Ganti Nama


Pipit Benggala ( Amandava amandava ) / Strawberry Finch

Tulangtulangan Pipit Benggala


Pipit Zebra (
Taeniopygia gutata
) / Kuda belang Finch

Ukuran badannya bukan berlainan jauh dengan pipit benggala. Jantan pipit zebra memiliki pipi bercelup jingga, paruh bercat merah dan berkalung hitam. Sayap, ekor dan punggung berwarna kelabu dan perut berwarna tulus. Rambut jasad mempunyai totot bercat ceria padahal betina berpipi polos dan bulu fisik kelabu. Pipit zebra betina dapat berakibat sebanyak 4-7 granula dan dierami sejauh 14 masa.


Pipit Zebra ( Taeniopygia gutata ) / Zebra Finch

Gambar Pipit Zebra


Bondol Hijau Binglis
/ Pin Tailed Parrotfinch

Rencana tubuhnya lebih besar dibandingkan pipit benggala. Ukurannya selingkung 13-15 cm. Perdua berwarna hitam, pipi dan jidat bercat biru,tunggir, ekor
dan dada berwarna biram sedangkan leher dan pantat bercat coklat akil balig. Burung pipit hijau ini banyak tersebar di Thailand, Kamboja, Jawa, Sumatera, Malaysia dan Gadamala. Sering ditemukan di pinggir hutan, rumpun awi, dan kapling perkebunan. Bondol hijau dapat dikawinkan ketika berumur 6-7 bulan. Penis betina berada berbuah sekitar 3-6 butir dan dierami selama 14 hari. Anakan zakar pipit bisa disapih detik usia 18-21 hari.

Bondol Hijau Binglis  / Pin Tailed Parrotfinch

Gambar Bondol Hijau Binglis


Bondol Haji (Lonchura maja) / White Headed Munia

Bondol Haji punya ukuran sekitar 11-13 cm. Ciri-cirinya yaitu lega bulu dada, jejak kaki, tunggir dan sayap berwarna coklat. Nama bondol Haji disematkan lantaran kepalanya bercat steril menyerupai kopiah turki Haji.
Burung pipit Haji ini tersebar luas di pulau Sulawesi, Sumatera, Jawa, Bali, Thailand, Malaysia, Singapura dan Vietnam. Sering kita jumpai bermain disawah dan pandau-rawa. Bondol Haji dapat bertelur sebanyak 4-6 butir dan waktu mengeram selama 12-13 hari.


Bondol Haji (Lonchura maja) / White Headed Munia

Buram Bondol Haji


Bondol Jawa
( Lonchura leucogastrades
)/ Javan Munia

Bondol Jawa memiliki ukuran yang sama dengan bondol Haji sekitar 11-13 cm. Paruh berwarna kelabu, rambut kepala, bekas kaki, sayap, tunggir, ekor dan bokong bercat coklat palsu. Pipit bondol Jawa n kepunyaan bulu gala berwarna hitam dengan bulu dada putih kudus. Burung ini dapat kita temukan di pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Mereka senang gelayaran didaerah persawahan sekaligus mengganggu padi yang ditanam selongsong berhuma. Betina boleh bertelur sebanyak 4-6 butiran dan dierami selama 12-13 waktu.




Baca :   Mitos Burung Puter Putih Mata Merah


Bondol Jawa ( Lonchura leucogastrades )/ Javan Munia

Lembaga Bondol Jawa


Bondol Peking
(
Lonchura punctulata
)

Burung emprit Peking mempunyai ukuran tidak berbeda jauh dengan bondol Jawa. Paruh bercat kelabu dan surai komandan, punggung, sayap dan ekor berwarna coklat bata. Bulu dada bercat suci dengan transendental lurik berwarna coklat. Bulu rahim dan pantat berwarna bersih. Kontol Peking ini boleh ditemukan di Sumatera, Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, India, Cina, Malysia dan Australia. Sering ditemukan disawah, padang rumput dan tegal. Burung emprit Peking ini hidup berdekatan maupun berkelompok. Lebah ratulebah dapat berakibat sebanyak 3-4 butiran dengan masa mengeram sejauh 12-13 periode.


Bondol Peking  ( Lonchura punctulata )

Rancangan Bondol Peking


Gelatik Jawa (
Padda oryzivora
)

Belatuk Jawa memiliki banyak nama lain seperti
Java Rice Bird, Java Temple Bird
dan
Paddy Bird
. Badan gelatik Jawa memiliki format lebih besar dibandingkan beberapa jenis kontol pipit nan tak. Ukurannya dapat mencapai 15-16 cm. Perdua berwarna merah jambu dan bulu kepala bercat hitam dengan kombinasi rambut pipi kudrati, bulu dada, punggung dan sayap berwarna kelabu. Indung betina dapat berakibat sebanyak 4-8 butiran dan dierami selama 14 musim. Anakan burung pipit disapih setelah berusia 2-3 minggu.


Gelatik Jawa ( Padda oryzivora )




Kerangka Gelatik Jawa



Bondol coklat (Lonchura atricapilla) / Black –headed Munia

Ada sebagian pematang yang menganggap bahwa bondol coklat merupakan keturunan pecah bondol paya. Mungkin ada benarnya juga sebab warna sebagian memang ada persamaan dengan bondol rawa. Burung ini juga kadang disebut
Chesnut Munia
dan pernah menjadi ceceh nasional Filipina sebelum digantikan oleh Rajawali Filipina. Format bondol coklat selingkung 11 cm dan sering kita temukan sedang memakan padi disawah, berperan diladang, padang rumput. Lebah ratulebah dapat bertelur sebanyak 4-7 butir.






Bondol coklat (Lonchura atricapilla) / Black –headed Munia

Rang Bondol Cokelat


Pipit Emas / Sudan Golden Sparrow (
Passer luteus
)

Baca :   Jilbab Yang Cocok Untuk Baju Abu Abu

Butuh ini tersebar mulai dari Afrika, Senegal, Sudan, dan Ethiopia. Titit pipit asfar ini memiliki panjang sekeliling 12-13 cm dengan tumpul pisau sayap sekitar 5-7 cm. Di negeri asalnya burung pipt emas sering ditemukan di semi gurun, semak gersang dan perkebunan gandum.


Pipit Emas / Sudan Golden Sparrow ( Passer luteus )

Tulang beragangan Pipit Emas


Merawat Serba-serbi Burung Pipit

Burung pipit tercatat burung yang mudah dirawat. Selain mudah berkembang biak, burung pipit sekali lagi enggak membutuhkan biaya segara kerumahtanggaan perawatannya. Peranakan ceceh emprit dapat berupa biji-bijian sebagaimana gabah, millet, dan
canary seed. Menu tambahan lain yang dapat diberikan buat memenuhi gizinya merupakan aneka jenis sayur dan biji kemaluan-buahan seperti apel, selada, caisim, bayam dan seledri. Matra badannya yang kecil membuatnya tidak memerlukan makanan dalam porsi yang besar sehingga irit biaya pemeliharaan. Untuk membantu pencernaan burung pipit harus diberikan pasir, batu apung, bata merah dan indra peraba cumi-cumi, jangan lupa berikan belalah air minum dan kotak khusus lakukan zakar bersiram, cukup yang punya kedalaman sekitar 2-3 cm, lampau isi setengahnya. Berikan rumah-rumahan dalam kandang perumpamaan tempat bersembunyi sekaligus untuk palagan berhasil.


Mencampur Aneka Varietas Pipit Hias

Aneka kontol pipit hias ini dapat dipelihara secara bersamaan intern kandang besar. Bagaikan ilustrasi Kandang berformat panjang 2 meter tumpul pisau 1 meter dan tinggi 1,6 meter dapat dihuni selingkung 100 – 250 ekor butuh pipit. Membeda-bedakan dawai berdosis kecil sebaiknya pelir lain dapat ngeri dan menghindari masuknya tikus dan predator enggak. Kiranya lain bertumbukan kiranya masukkan kalam secara bersamaan, sediakan kotak sarang sesuai dengan jumlah kontol dan betina harus kian banyak dibandingkan jantan.

Semoga dengan mendaras artikel “10 Jenis Butuh Pipit Rupa-rupa Paling Populer di Bumi” anda boleh merubah pandangan adapun zakar yang di cap sebagai “burung kampung” dan tidak memiliki daya tarik sama sekali. Burung pipit yang dipelihara secara berame-rame karuan membuat rumah anda menjadi bertambah ramai.

Burung Emprit Warna Warni

Source: https://www.duniahobiku.com/2021/03/10-jenis-burung-pipit-warna-warni.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.