Cara Membuat Kipas Dari Kertas

Ayo Membuat Kreasi Prakarya (Kerajinan Tangan) dari Stik Es Krim dan Kertas Bekas: Kipas Dekoratif kerjakan Siswa SD (Sekolah Sumber akar)

Sudah interelasi membuat kipas dan kertas sebelumnya kalian? Hm.. mungkin sudah pernah ya. Cukuplah, kelihatannya ini kita pula akan membuat kipas dari jeluang, cuma dengan sedikit macam agar tampak lebih bagus. Karena itu kita tak hanya menggunakan kertas lulusan berwarna-warni, tapi juga menggunakan stik es krim. Lihatlah, bagus lagi loh jikalau dipajang di dinding kelas kerjakan hiasan dekorasi meski tertentang lebih pendar.

Oh ya, tentu ini juga dapat dijadikan kegiatan siswa dengan dipandu guru bakal momongan-momongan SD (Sekolah Radiks) ketika pelajaran prakarya dan seni budaya. Bagaimana, mau mencoba membuatnya? Yuk disimak langkah-langkah dan gawai alamat yang dibutuhkan untuk membuat kipas tersebut.

kipas buat dekorasi kelas, prakarya nan setuju bakal anak SD

Alat dan Bahan

Berikut ini adalah perlengkapan-alat dan bahan yang dibutuhkan bakal membuat 3 biji zakar kipas plano dan kreasi stik es krim di atas:

  1. daluang alumnus bercat. Tapi boleh juga cak kenapa safi polos atau lebih lagi kancah majalah, atau jeluang alumnus kartu pos dan undangan.
  2. stik es krim. Satu buah kipas membutuhkan 2 batang stik es krim. Karena kita akan membuat 3 buah kipas, maka saya membutuhkan 6 buah stik es krim. Oh ya, panjang stik es krim ini 11 cm. Kamu dapat menggunakan stik es krim ukuran berapapun, dasar jangan sesak singkat tetapi.
  3. perekat (saya gunakan lem fox putih), dapat pula gunakan lem UHU alias sejenisnya dengan gerendel lekat yang awet.
  4. pulpen
  5. mistar
  6. gunting
  7. pensil warna ataupun krayon
bahan utama: stik es krim dan kertas bekas berwarna untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan kipas kecil yang cantik untuk bahan dekorasi kelas
korban utama: stik es krim dan plano keluaran berwarna
Baca :   Kado Ulang Tahun Unik Buatan Sendiri

Prinsip Membuat

Ikuti langkah-awalan cara membuat rakitan kipas dari stik es krim dan kertas lulusan bagi dekorasi inferior ini dengan mengkritik gambar-gambar yang diberikan.

  • Pertama-tama tempelkan 2 buah stik es krim pada fragmen dekat ujung stik dengan lem. Buat seperti jihat terluar sebuah kipas yang madya terbuka. Perhatikan gambar di bawah ini.
  • Biarkan sejumlah saat hingga mengering dan menempel awet.

untuk membuat prakarya kipas mungil yang cantik ini mula-mula silangkan stik es krim sedikit melebar pada salah satu ujungnya, beri lem. tunggu sampai kering beberapa saat. ingat gunakan lem yang daya lekatnya kuat. saya pakai lem fox putih
silangkan stik es krim terbatas melebar pada salah satu ujungnya, beri lem
  • Persiapan berikutnya adalah menyiapkan jeluang. Mulailah dengan mengukur sebuah persegi panjang pada plano keluaran seluas 7,5 cm x 20 cm. Karena saya akan membuat 3 buah kipas, maka saya menyiapkan 3 buah kertas ukuran tersebut dengan warna yang berlainan. Gunakan pulpen, mistar dan gunting untuk keperluan ini.
untuk membuat 3 buah kipas kita memerlukan untuk siapkan 3 lembar kertas ukuran7,5 x 20 cm. masing-masing akan menjadi satu buah kipas. jadi kita akan mendapat 3 buah kipas dengan variasinya masing-masing nanti
siapkan 3 benang kertas ukuran7,5 x 20 cm
  • Seterusnya yaitu membuat lipatan akordion pada plano bersendikan lebar kertas. Lebar lipatan sekitar 1 cm.
kita mulai dengan kertas pertama, lipat dengan lipatan akordion dengan lebar sekitar 1 cm. bisa kan melipat seperti ini?
kita mulai dengan jeluang pertama, lipat dengan kelipat akordion dengan lebar selingkung 1 cm
  • Kita kemudian harus memberi lem pada sisi kertas di babak akhir-pengunci lipatan.
selanjutnya beri lem setiap tepiannya untuk membuat kipas dari kertas bekas dan stik es krim
beri lem setiap tepiannya
  • Kemudian tempelkan kertas yang sudah dilipat seperti akordion itu ke stik es krim yang telah disatukan pada ancang awal sebelumnya. Perhatikan gambar.
langkah selanjutnya untuk membuat kipas kreasi kertas bekas dan stik es krim adalah dengan melekatkan stik es krim yang telah disilangkan dengan sisi-sisi kertas
lekatkan stik es krim yang telah disilangkan dengan arah-arah kertas
  • Terimalah, ini takdirnya kedua sebelah jeluang sudah dilem ke stik es krim, jadilah kipas kita yang pertama. Bagus sekali lagi ya yang pakai kertas rona merah. Oke, kini kita akan lanjutkan dengan kertas lainnya.
itulah kreasi pertama prakarya dari kertas bekas kita yang berbentuk kipas imut yang cantik
nah, jadinya seperti mana ini: kipas jeluang nan cantik bukan?
  • Perhatikan, saya sudah menjantur daluang biru taruna dengan kelipat akordion. Matra kelipat setimbang selingkung 1 cm lebarnya.
Baca :   Cara Pinjam Pulsa Xl
sekarang dengan kertas kedua, juga lipat seperti akordion pada kertas kedua, kita akan memberi variasi lainnya perhatikan ya.
masa ini dengan kertas kedua, juga lipat sama dengan akordion
  • Mudah-mudahan terserah jenis, saya kemudian menggunting ujung jeluang sehingga tampak runcing-runcing. Seyogiannya bentuknya menjadi berbeda dengan kipas pertama (yang corak biram).
untuk memberi variasi kerajinan tangan sederhana kipas dekorasi kelas ini kita akan menggunting runcing salah satu sisi lipatan. hasilnya nanti akan berbeda dengan yang pertama
gunting runcing salah satu sisi lipatan
  • Selanjutnya, tempelkan dengan lebih-lebih terlampau menjatah lem pada sisi-sebelah kertas dengan stik es krim nan sudah disiapkan. Hasilnya akan sebagaimana ini nih.
kipas yang kedua pun segera jadi dengan rekatkan dengan lem pada kedua sisinya dengan stik es krim yang telah disilangkan
rekatkan dengan lem lega kedua sisinya dengan stik es krim nan telah disilangkan
  • Sekarang kita akan mengerjakan kipas yang ketiga. Tipe nan diberikan ialah pemotifan. Pada plano asfar, saya beri garis bercat ungu, baru dan oranye secara mendatang sesuai pangkat plano. Lihat tulangtulangan ini.
kemudian untuk membuat prakarya atau kerajinan tangan berbentuk kipas sederhana yang unik maka pada kertas yang ketiga kita beri warna dengan krayon (warna lain juga boleh)
kertas yang ketiga kita beri warna dengan krayon (rona tidak juga bisa)
  • Setelah dilipat akordion, dan dilem ke stik es krim, maka jadilah kipas kita yang ketiga. Walah, ini bagus kan?
pada kreasi prakarya kertas bekas dan stik es krim ini lipat berbentuk akordion, lalu lekatkan dengan stik es krim yang telah disilangkan. hasilnya juga unik bukan?
lipat berbentuk akordion, adv amat lekatkan dengan stik es krim nan sudah lalu disilangkan

Demikian ancang-langkah cara membuat rakitan stik es krim dan kertas eks bagi membuat hiasan kelas (dekoratif) berbentuk kipas mini sederhana.

3 macam variasi kipas dari stik es krim dan kertas bekas yang indah, dibuat dengan cara yang sangat mudah sehingga cocok untuk prakarya atau kerajinan tangan untuk siswa SD atau anak-anak peserta didik di sekolah dasar
padalah… ini dia hasilnya: 3 spesies variasi kipas dari stik es krim dan kertas bekas nan indah

Bagaimana? Sudah bisa membuatnya? Pastinya kan.

Kamu pun pasti dapat membentuk ini:
Jadwal Pelajaran Hasil Kreasi Kertas Keluaran
Ukiran Sabun Mandi Bentuk Iwak
Rente Dahlia berasal Kantong Plastik Bekas

Cara Membuat Kipas Dari Kertas

Source: http://novehasanah.blogspot.com/2016/08/kreasi-stik-es-krim-kipas-dekoratif.html

Check Also

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan Youtube Majalah Bobo Cak kenapa Burung Garuda Pancasila …