Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih

By | 09/08/2022

Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih

#Liputanmedia

KOMPAS.com – Sebuah unggahan menamakan bahwa air rebusan daun kinang diklaim dapat mengobati katarak. Merupakan dengan cara meneteskan air tersebut lega mata.

Unggahan tersebut beredar di alat angkut sosial Facebook plong 28 Mei 2020.

Berikut ini di antaranya kisah yang menyebutkan manfaat daun serasa untuk mengatasi katarak:

“Getah dari tanaman suruhan ini juga sangat bermanfaat bikin dipakai sebagai pelamar tetes alat penglihatan andai remedi katarak, infeksi netra, radang dan heterogen ki kesulitan netra lainnya,” tulis pengunggah dalam martabat Facebook.

Tidak hanya disebut berguna untuk memulihkan katarak sreg indra penglihatan, air rebusan daun sirih juga diklaim dapat mengobati guncangan majikan, mengatasi sakit, menyembuhkan pegal linu, mengobati cemberut otot, hingga menyembuhkan radang netra.

Sejauh ini, unggahan tersebut sudah di sukai sebanyak 170 kali dan sudah dibagikan sebanyak 175 boleh jadi oleh pengguna Facebook lainnya.

Sekadar amanat manfaat patera sirih ini dibantah maka itu dokter spesialis netra Ferdiriva Hamzah lega Jumat, (20/11/2020).

Melampaui akun twitternya, @ferdiriva menyibakkan bahwa air rebusan daun serasa justru menimbulkan iritasi dan serat pada mata.

Menanggapi peristiwa itu, dokter spesialis netra berusul Departemen Mantra Kesehatan Netra, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Seri, DR dr Gitalisa Andayani, SpM(K) mengatakankan bahwa air rebusan daun sirih nan diklaim dapat mengobati katarak atau bisikan alat penglihatan yakni hoaks atau tidak benar.

Sira mengklarifikasi, ekstrak daun kinang mengandung efek antiseptik, namun pemrosesannya sering dilakukan di rumah.

“Dan karena daun sirih bahan organik, cangap terserah risiko bertunas mikroorganisme, termasuk baja. Sehingga, nan terjadi malah infeksi indra penglihatan,” sebut Gitalisa ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

“Kami para dokter mata cukup sering mendapatkan kasus infeksi kornea (keratitis) karena infeksi baja, plong pasien yang sebelumnya diberi air rebusan daun sirih,” lanjur dia.

Gitalisa menjelaskan, plong prinsipnya, mata merupakan organ perasa dan dapat mudah terinfeksi.

Namun di sisi lain mata memiliki proteksi alami, sehingga sebetulnya tidak perlu meneteskan perunding apapun, bila tidak ada indikasi medis.

Terkait hal ini, Gitalisa mengatakan bahwa kalau mengalami ki kesulitan alat penglihatan, semoga sekalian memeriksakannya ke tabib spesialis alat penglihatan.

Selain itu, dokter yang juga seumpama humas di Perhimpunan Tabib Spesialis Ain Indonesia (Perdami) ini mengimbau kepada publik seyogiannya tidak mudah percaya dengan produk-barang yang diklaim dapat menyembuhkan katarak.

“Karena katarak obatnya hanya persuasi katarak (kecuali tahap-tahap awal di mana katarak masih tipis, masih bisa dibantu kacamata),” sebut Gitalisa.

Apabila sudah lalu mengganggu kegiatan sehari-periode, komplikasi katarak hendaknya segera dilakukan tindakan operasi.

Ia menambahkan, infeksi, radang mata, dan lainnya hanya bisa diobati dengan obat medis yang dapat diperoleh atas kancing dokter.

“Boleh diobati jika mata merah, dicoba obati dulu dengan ampas gula alat penglihatan antiseptik yang bisa dibeli di apotek, tapi setelah maksimal 3 hari tidak membaik, lekas ke mantri,” lanjut dia.

Terkait maraknya informasi beragam pengobatan gangguan netra, Gitalisa mengimbau mahajana untuk tidak menyerahkan air rebusan serasa detik ain abang, penglihatan tak memburam.

“Ada pemohon tetes mata yang manjur ‘xitrol’, sekadar penggunaannya harus dengan resep dokter. Kami juga saran jangan pakai air rebusan sirih, karena boleh menyebabkan katarak dan glaukoma bisa dipakai jangka panjang maupun sering,” ujar Gitalisa.

Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih

Source: https://fk.ui.ac.id/infosehat/benarkah-air-rebusan-daun-sirih-bisa-obati-katarak-ini-penjelasan-medisnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.