Ciri Perkutut Lokal Katuranggan

By | 07/08/2022

Burungnya.com
– Detik ini, sebagian macam burung Tekukur jarum sudah tak populer pula. Seandainya dulu sanding setiap orang memiliki burung Ketitir. Namun masa ini, mereka beralih ke ceceh kicau yang bertambah naik daun.

Sementara itu, jika mereka tahu, banyak jenis ceceh Merbuk n kepunyaan keunikan dan keistimewaan yang sering disangkutpautkan dengan hal-situasi gaib.

Bagi mereka yang mempercayai hal ini, burung Merbuk katanya boleh mendatangkan tembolok, ketentraman kondominium tinggi, dan untuk menaikkan kewibawaan pada pangkat ataupun kedudukan tertentu.

Supaya situasi tersebut belum dibuktikan secara ilmiah, tapi para pecinta burung Merbuk berkepastian, bahwa Perkutut mempunyai kemampuan begitu.

Baca juga: Legenda Katuranggan Perkutut dari Jumlah Ekor dan Sisik Kaki

Arti Katuranggan Perkutut

Dalam dunia butuh Perkutut, terletak istilah katuranggan yang sering diartikan sebagai ciri mathi atau ciri bentuk badan tertentu nan bisa berpengaruh (baik dan buruk) puas sang pemilik.

Intinya, yang memelihara jenis titit Perkutut Bertuah dengan ciri awak tertentu, maka kehidupannya tidak akan jauh-jauh dari katuranggan yang dimiliki burung Perkutut tersebut.

Namun, kami ingatkan bahwa ini belaka mitos yang belum tentu bersusila. Walaupun demikian, tak ada salahnya Anda mengarifi burung Ketitir sebagaimana apa yang dapat membawa keberuntungan untuk pemiliknya.

Jenis Butuh Perkutut Domestik

Katuranggan Perkutut Lokal Besaran Ekor dan Sisik (maskurmambang.com)

Oh iya, sebagian besar burung Perkutut yang punya unsur penyap dan mistis dari berbunga variasi burung Perkutut lokal. Jenis Perkutut domestik merupakan merbuk tangkapan alam.

Terkadang mereka lain ditangkap, tapi
pelir masuk apartemen
sendiri. Asal Anda tahu, butuh yang masuk sendiri ke internal rumah katanya dia memilih sendiri majikannya dan minta bantu untuk dipelihara. Sehingga kebanyakan burung seperti ini baik dipelihara.

Baca juga: Lanang Ini Punya 15 Perkutut Katuranggan Langka dan Gaib

Jenis Penis Perkutut Pembawa Kesuksesan

Tahukah Anda, di pangkal ini terwalak beberapa jenis Perkutut yang baik dipelihara. Artinya bila Anda membudidayakan burung Perkutut tersebut cak bagi pamrih yang baik, maka kehidupan Anda juga akan membaik.

Namun, lain semua Perkutut boleh begitu juga itu. Pilih-pilih karena khodam pada kalam Perkutut ada nan baik dan cak semau pula yang sadis. Maka dari itu kami mengatakan sebagian besar katuranggan Ketitir di bawah ini baik dipelihara.

1. Perkutut Kusuma Wicitra

Pelir Perkutut ini punya warna tengah dan sisik kaki keputih-putihan. Mitosnya sembarang orang nan memelihara burung Perkutut Kusuma Wicitra, maka cita-citanya mudah tercapai dan rezekinya melimpah.

2. Ketitir Wisnu Wicitra

Ciri zakar ini bulunya berwarna kehitam-hitaman. Mitosnya Perkutut Wisnu Wicitra untuk keselamatan dan mendatangkan banyak rezeki.

3. Ketitir Wisnu Murti

Jenis burung Tekukur jarum ini memiliki suku, ain, dan paruh bercelup hitam. Mitos yang menyerak di mahajana, Tekukur jarum Wisnu Murti mempunyai pengaruh kewibawaan dan biasanya dipelihara maka dari itu raja atau pemimpin.

Baca :   Gambar Tato Burung Hantu

4. Ketitir Gendawa Hadis

Ciri titit ini suara manggungnya gentur dan merdu. Perkutut Gendawa Sabda dapat digunakan buat memujuk Tekukur jarum yang lain. Selain itu, burung ini boleh mendukung pemiliknya mendapatkan murah rezeki, keluarganya tenang dan tentram.

5. Perkutut Gedong Mengo

Ciri Ketitir ini manggungnya menyongsong terbitnya mentari. Saga yang beredar di kalangan pecinta burung, siapapun yang mempunyai kontol Merbuk Gedong Mengo, pemiliknya murah rezeki dan selamat.

6. Merbuk Mineb Gedong atau Gedong Mineb

Perkutut ini manggungnya menyertai terbenamnya matahari. Mitosnya si pemilik akan berkecukupan dan menguntungkan privat berdagang.

7. Perkutut Mercuci

Tipe titit Perkutut ini matanya bercat asfar dan sipit alias wayang bambangan. Mitosnya pemilik titit Merbuk Mercuci bakal diakrabi hamba allah dan murah rezeki.

8. Perkutut Menara api Jiwa

Ciri burung ini matanya berwarna kuning dan bulu sekitar bokong sekali lagi kuning. Mitosnya burung Tekukur jarum Mercu Hidup mempunyai pengaruh adv amat besar, baik dipelihara syah atau komandan.

9. Perkutut Muncis

Varietas perkutut ini gambar badannya kecil memulur. Burung Merbuk Munci mitosnya baik bikin dipelihara oleh raja atau pejabat.

10. Tekukur jarum Udan Mas

Ciri Perkutut Udan Mas
Ciri Perkutut Udan Mas

Ciri burung ini bulunya berwarna coklat muda maupun krem, serta surai yang melingkar berwarna kekuning-kuningan. Mitosnya titit Merbuk Udan Mas bakir mendatangkan keselamatan dan kegembiraan, serta rahim.

Baca juga: Ciri Tekukur jarum Udan Mas Pembawa Rezeki

11. Perkutut Satria Kinayungan

Jenis burung Perkutut ini di paruh kepalanya terdapat bulu bercelup kudus. Mitosnya Perkutut Satria Kinayungan dapat menaikkan derajat atau tahapan serta kewibawaan.

12. Merbuk Sangga Bhuana

Ciri burung ini di punggungnya ada sehelai bulu bercelup kalis. Mitosnya mana tahu cuma nan memiliki Ketitir Sangga Bhuana akan mendapatkan ki gua garba (Asal jangan ada rambut ekor yang tidak sejajar dengan yang enggak, misalnya tak literal atau terbatas).

13. Perkutut Misti Kanya

Merbuk ini di bagian badan atau seluruh badan berwarna nirmala. Mitosnya Merbuk Misti Kanya baik bakal para sinuhun alias pembesar karena mengapalkan keselamatan.

14. Perkutut Candra Sabda

Ciri burung ini dandan bulu di bagian pundak berwarna putih. Mitosnya kalau Dia mempunyai Perkutut Candra Perkataan nabi, maka Beliau boleh memikat seseorang serta mengangkut suasana gembira.

15. Perkutut Rupo Cahyo

Spesies burung Ketitir ini warna bulunya mengkilat berdamar. Mitosnya burung Perkutut Rupo Cahyo membawa kedamaian dan kegembiraan.

16. Perkutut Purnomo Sidhi

Ciri titit ini warna bulunya kemerah-merahan seperti permata. Mitosnya butuh Perkutut Purnomo Sidhi bagi menjunjung strata kewibawaan dan mendapatkan kegadisan.

17. Perkutut Sri Mangumpel

Kalam Perkutut ini biang tangan kakinya berwarna putih atau cak semau dua kuku jemari yang safi. Mitosnya boleh jadi saja yang punya Perkutut Sri Mangumpel maka keluarganya buruk perut sehat dan cita-citanya banyak terkabulkan.

18. Merbuk Widaksana Gasti

Jenis Perkutut ini waktu manggungnya lama, serta halus dan merdu. Mitosnya empunya burung Tekukur jarum Widaksana Gasti mudah mencapai cita-cita dan banyak rezeki.

19. Perkutut Pendawa Mijil

Ciri burung ini bulu ekornya berjumlah 15 lembar. Mitosnya Merbuk Pendawa Mijil produktif mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya. Rumit sekali menemukan Merbuk yang punya ekor 15 helai.

20. Perkutut Songgo Ratu

Perkutut Songgo Ratu (youtube.com)
Perkutut Songgo Ratu (youtube.com)

Perkutut ini memiliki jambul dan bagian kakinya bercat duga tekor terlarang. Mitosnya, menurut cerita masa lalu, Perkutut Songgo Emir merupakan Perkutut hoki Putra Raja dari Bali. Bagi kelihatannya saja yang memilikinya, derajat dan pangkatnya akan menanjak serta memberikan kesan berwibawa.

21. Perkutut Jurang

Jenis Perkutut ini mempunyai garis hitam pekat di bagian belakang leher serta bulu-bulu sayapnya berwarna agak abang kecoklatan. Mitosnya burung Perkutut Tahang bisa membawa banyak peranakan.

Baca :   Cara Memakai Dasi Segitiga

22. Merbuk Daringan

Ciri pelir ini mempunyai garis-garis hitam di bagian leher yang menyambung sonder putus. Mitosnya, penis Perkutut Daringan yakni zakar bertuah (mempunyai kesaktian lakukan mendapatkan untung dan keselamatan) bagi sekeluarga suami dan ampean.

23. Perkutut Rondo Semoyo

Katuranggan Perkutut Rondo Semoyo Mata Kuning Pucat (olx.co.id)
Katuranggan Perkutut Rondo Semoyo Netra Kuning Pucat (olx.co.id)

Jenis Perkutut ini memiliki ciri lingkung alat penglihatan luar warna asfar. Perkutut ini dapat menyedapkan hati Perkutut bukan untuk mendekat. Apalagi, sebagian pengundang burung bosor makan mengapalkan burung ini ke wana untuk memelet burung Perkutut lain.

Konon katanya Ketitir Rondo Semoyo boleh mendatangkan makanan bagi pemilik yang berkecimpung di marcapada dagang. Oh iya, burung ini mirip dengan Merbuk bali, tapi bedanya Perkutut Rondo Semoyo kuningnya pucat, kalau Perkutut Bali kuningnya pekat dan sanding mirip dandan orange.

Baca juga: Perbedaan Perkutut Mata Asfar Rondo Semoyo dan Mercu Jiwo

24. Perkutut Mercu Jiwo

Katuranggan Perkutut Mercu Jiwo Mata Kuning (youtube.com)
Katuranggan Perkutut Mercu Jiwo Mata Kuning (youtube.com)

Ciri Merbuk ini akrab setinggi dengan Rondo Semoyo. Bedanya, Perkutut Pijar Jiwo dandan kuningnya di dalam lingkar ain. Bintang sartan, kornea mata Perkutut ini berwarna kuning.

Mitosnya basyar yang memelihara Perkutut Suar Jiwo, bila masih jejaka akan mendapatkan istri yang cantik. Jika pemiliknya sudah beristri, maka keluarganya akan tentram dan rukun.

Namun, ada satu narasi agak gelap dari Perkutut Mercu Jiwo yang dipelihara Pak Giyanto selaku superior Masyarakat P4LSI. Merbuk miliknya tersebut katanya suka-suka khodam berwujud wanita rambut pangkat berpakaian khas Jawa.

Banyak teman beliau yang cak bertengger ke apartemen terlampau diganggu wanita tersebut. Penasaran dengan Pak Giyanto? Artikelnya telah kami catat dengan judul Pria ini punya 15 Perkutut katuranggan langka dan gaib. Linknya ada di atas ya.

25. Ketitir Sri Tumpuk

Perkutut Sri Tumpuk (youtube.com)
Merbuk Sri Gunduk (youtube.com)

Cak semau yang unik dari Perkutut Sri Tumpuk. Jadi, kotoran merbuk ini selalu menumpuk secara vertikal mirip gunung. Walau kotoran dibersihkan, Ketitir tadi akan setia membuang ampas di tempat yang sama sampai menumpuk.

Katanya kotoran tindan ini simbol pengarak rezeki nan banyak. Coba perhatikan di toko-toko emas, tentu ada saja yang memiara Tekukur jarum Sri Tumpuk.

26. Perkutut Sri Lumbung

Perkutut Tidur di Tempat Pakan (youtube.com)
Tekukur jarum Tidur di Tempat Pakan (youtube.com)

Jenis Tekukur jarum ini suka tidur di tempat pakan. Walau cak semau gelanggang mereguk, dia memilih untuk tidur di wadah pakan. Setiap lilin lebah coba diperhatikan, jemah Ketitir Sri Lumbung akan menjaga makanannya.

Perkutut seperti ini baik dipelihara karena bisa mendatangkan murah rezeki. Konon pemilik Ketitir Sri Jelapang rezekinya selama di dunia tidak akan pernah habis.

27. Perkutut Banyu Mili

Banyak orang terpikat dengan Perkutut Banyu Ribu karena bisa mendatangkan banyak tembolok yang tidak perikatan terserah habisnya. Namun, Anda perlu berhemat karena sudah banyak individu nan memalsukan Perkutut Banyu Mili.

Ciri Ketitir Banyu Mili, di bagian leher setakat dada bulunya seperti gempil cak bagi banyu mili maupun air bergerak. Namun, para penipu dapat menghelat bulu serupa itu dengan mencabuti rambut dalamnya. Sehingga bagian dada Merbuk sebagaimana terbelah mirip banyu mili.

Jenis Burung Perkutut yang Membawa Kesengsaraan

1. Perkutut Brahma Labuh Geni

Ciri ceceh ini bulunya bercelup kemerah-merahan bukan merata. Mitosnya Tekukur jarum Brahma Labuh Geni akan mendatangkan halangan dan jauh dari rezeki.

2. Perkutut Buntel Kunarpa

Ciri burung ini masing-masing sayapnya suka-suka bulunya putih. Mitosnya burung Perkutut Buntel Jenazah dapat mendatangkan malapetaka.

3. Perkutut Wisnu Tinundang

Ciri burung ini bulunya kehitam-hitaman tidak merata. Mitosnya bagi yang memiliki zakar Tekukur jarum Wisnu Tinundang, maka kamu akan sulit menggapai cita-citanya.

4. Perkutut Brahma Suku

Ciri titit ini bulunya bercelup kemerah-merahan. Mitosnya pelir Merbuk Brahma Suku sering mengundang penyakit.

5. Tekukur jarum Brahma Kukup

Ciri burung ini bulunya bercat keputih-putihan berusul majikan sampai ekornya. Mitosnya Tekukur jarum Brahma Kukup bisa mendatangkan sial buat pemiliknya.

6. Ketitir Lembu Rawan

Ciri burung ini bulunya ‘brumbung’ tidak tumbuh dengan acuan. Mitosnya Perkutut Lembu Rawan bisa mendatangkan penyakit atau pemiliknya selalu n domestik kesulitan dan jauh dari rezeki.

Baca :   Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas Origami

7. Ketitir Kelabang Kapipit

Ciri burung ini plong sayap bagian privat bila direntangkan terdapat bulu berwarna putih. Mitosnya Perkutut Kelabang Kapipit dapat mendatangkan sengketa kondominium janjang.

8. Ketitir Durga Nguwuh

Ciri burung ini manggung pada paruh lilin batik. Mitosnya bila burung Perkutut Durga Nguwuh dipelihara maka akan banyak mendatangkan halangan seperti sering sakit, rumah tangganya kacau atau sering kekurangan.

9. Perkutut Durga Ngerik

Ciri burung ini manggungnya terus susukan (siang malam). Mitosnya mungkin saja yang memelihara ceceh Ketitir Durga Ngerik, maka akan dijauhkan dari lambung dan keluarganya tak akur.

Nah, itu tadi sejumlah katuranggan burung Perkutut yang dapat mendatangkan keberuntungan dan kesengsaraan.

Baca pun: 9 Jenis Perkutut Pengusung Sial yang Tidak Bisa Dipelihara

Bangun, ini hanya mitos atau ajudan masyarakat saja. Sejatinya, segala sesuatu di dunia ini sudah diatur oleh Halikuljabbar Nan Maha Esa. Jadi, Anda jangan sesak mempercayainya.

Sekarang, ayo kita membahas spesies-macam ceceh Perkutut berdasarkan habitatnya. Burung Perkutut lain hanya ditemui di Indonesia. Sebab, zakar Perkutut tersebar di seluruh bumi.

Penis yang memiliki tanda latin Geopelia Striata ini juga boleh ditemukan di negara Australia, Malaysia, Singapore, dan Thailand. Di sana, pelafalan titit Perkutut berbeda-beda.

Secara umum, orang-individu di seluruh dunia memanggil burung Perkutut dengan sebutan Zebra Dove atau Barred Ground Dove.

Provisional di Malaysia dan Singapore, burung Perkutut dikenal dengan etiket zakar Perkutut alias ceceh Merbok. Sedangkan, di Thailand memanggil zakar Perkutut dengan nama penis Nokkhao Chewa.

Burung Perkutut atau Geopelia Striata mempunyai bilang sub jenis kembali yang lebih bermacam ragam. Tentang, sub jenis burung Perkutut Geopelia Striata yakni umpama berikut:

Sub Macam Penis Perkutut atau Geopelia Striata

  • Geopelia Striata Striata:
    Jenis penis Perkutut ini paling kecil banyak dipelihara di Indonesia. Merbuk ini sering disebut Tekukur jarum Lokal dan Merbuk Bangkok yang semenjak dari Jawa, Bali, dan Sumatera. Ada pun sebagian yang kalangan yang menyebutnya Perkutut Hawaii.
  • Geopelia Striata Maungeus:
    Jenis ceceh Perkutut ini disebut burung Perkutut Sumba karena bermula semenjak Sumba, Sumbawa, dan Pulau Timor. Burung ini dikatakan terlampau mirip dengan Perkutut Jawa.
  • Geopelia Striata Audacis:
    Jenis zakar Ketitir ini berasal bersumber kepulauan Kei dan Tanimbar.
  • Geopelia Striata Placida:
    Variasi burung Perkutut ini berasal bersumber Papua dan Australia Utara.
  • Geopelia Striata Tranquila:
    Spesies burung Perkutut ini banyak dijumpai di Australia Tengah.
  • Geopelia Striata Papua:
    Jenis ceceh Perkutut ini berasal dari Papua (Irian Jaya dan Papua Nugini).
  • Geopelia Striata Clelaudi:
    Jenis zakar Tekukur jarum ini terdapat di Australia Barat.

Penali

Demikian beberapa jenis burung Ketitir yang tersebar di berbagai negara di seluruh dunia. Moga informasi tentang kalam Perkutut ini dapat membukit wawasan Kamu.

Apabila sejumlah mulai sejak Kamu ada yang tak percaya tentang katuranggan Perkutut, mohon ubah menghargai para pecinta Ketitir lokal berkaturanggan.

Soalnya, kita hidup berdampingan dengan hal-hal lenyap. Temporer, Perkutut koteng merupakan burung yang minimum dekat kaitannya dengan hal misterius dan musnah. Sebagian orangtua di Jawa pasti memelihara burung Perkutut karena budaya dan ada pun karena harapan tertentu.

Sampai ada filosofi seorang pria Jawa disebut sempurna apabila sudah memiliki Wismo, Wanito, Turonggo, Kukilo, Curigo. Wismo itu rumah, Wanito adalah istri, Turonggo yaitu kendaraan layaknya jaran, Kukilo artinya burung Perkutut, dan Curigo merupakan senjata keris.

Sekiranya artikel
Burungnya.com
bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang enggak dan follow Instagram
@burungnyadotcom. Cak dapat kasih.

Pencarian terkait:

  • katuranggan tekukur jarum
  • perkutut katuranggan
  • primbon perkutut
  • Merbuk lokal
  • khasiat perkutut lokal
  • diversifikasi ketitir rumit
  • perkutut
  • burung perkutut
  • variasi perkutut dan gambarnya
  • jenis PERkutut

Ciri Perkutut Lokal Katuranggan

Source: https://burungnya.com/31-jenis-burung-perkutut-lengkap-dengan-ciri-ciri-dan-mitosnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.