Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Benar

By | 07/08/2022

Contoh Daftar Biografi. Privat masa akrab hendak membawa petisi lamaran pekerjaan? Jika iya, maka kamu juga perlu menyiagakan contoh daftar biografi di dalamnya. Daftar biografi kemudian pun disebut dengan istilah CV alias
curriculum vitae
ini adalah daftar berfaedah yang memenuhi suatu aplikasi lamaran pekerjaan.

Mendapat habuan adanya daftar riwayat hidup, maka perusahaan bisa mengenal kamu secara makin mendalam. Sekalian bisa menjadikan mualamat di dalamnya bagaikan target pertimbangan untuk menerima kamu sebagai kandidat atau sebaliknya. Bintang sartan, tidak keliru rasanya takdirnya dalam menyusun daftar riwayat hidup harus teliti.

Khususnya kerjakan pelacak kerja mentah, dijamin membutuhkan acuan daftar memoar sebagai referensi. Sebab berbekal daftar riwayat hidup nan baik, maka seseorang bisa lebih mudah mendapatkan pencahanan terbaiknya. Jadi, sudahkah luang bagaimana membuat daftar riwayat roh yang baik dan sopan?

Signifikasi Daftar Biografi

Sebelum mengintip berbagai ideal daftar riwayat hidup, maka kenali dulu definisi berusul daftar riwayat hidup itu seorang. Daftar riwayat hidup dikenal pula dengan nama CV atau
curriculum vitae.
Secara bahasa,
curriculum vitae
berarti penjelajahan kehidupan. CV maupun pun daftar riwayat hidup memiliki makna yang sama dan setinggi-sama berisikan tentang data pribadi seseorang yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan.

Artinya, dokumen yang mandraguna perjalanan vitalitas ini boleh diberi judul sebagai daftar riwayat hidup, CV, atau
curriculum vitae.
Semua istilah tersebut mengarah pada satu hal yang sepadan. Adapun perjalanan umur ini menutupi riwayat pendidikan, bisa dicantumkan sejak TK boleh juga dimulai sejak SMA sebatas turut perguruan tinggi.

Biasanya semakin tinggi pendidikan seseorang, maka di dalam daftar riwayat hidup hanya dicantumkan pendidikan strata sahaja. Peristiwa ini sejalan dengan fokus utama momen mengajukan lamaran pekerjaan. Membantu pihak HRD kerjakan serta merta sempat kandidat pemilik CV tersebut lulusan segala, darimana, dan kapan.

Informasi lain yang bisa dicantumkan yaitu data diri, dan dibuat selengkap mungkin. Seterusnya adapun pengalaman magang, berorganisasi, dan lain sebagainya. Barang apa aktivitas yang sangkut-paut dilakukan dan memasrahkan sumbangsih keterampilan maka sangat layak dicantumkan di dalam CV tersebut.

Baca Pun:

Jenjang Karir Dosen Swasta, Bedakah dengan Dosen PNS?

Sertifikasi dan Karir Dosen Prodi Agama dan Pendidikan Agama

Yunior Memulai Karir Dosen? Simak Tips Ini


Atom di Dalam Daftar Profil

Pembuatan daftar profil memang perlu dibuat sedetail mungkin, namun konstan menyampaikan proklamasi terdahulu nan bisa menjadi target pertimbangan HRD dalam menyaring kandidat karyawan. Penyusunan yang baik dan benar akan memberi kesan berupa dan memperbesar kebolehjadian bagi dipanggil konsultasi.

Secara awam, dari bervariasi contoh daftar riwayat sukma nantinya akan dijumpai bilang unsur penting. Unsur terdahulu tersebut mencengap:

1. Data Diri

Anasir pokok nan pertama di dalam daftar biografi atau CV yaitu data diri. Data diri ini mencengam informasi akan halnya identitas pribadi, mulai dari logo, tempat, tanggal lahir, nomor handphone, dan lain sebagainya. Warta personal ini terdahulu untuk membantu HRD mengenal kamu secara personal sekali lagi.

Enggak perlu menyembunyikan, menggunung, atau mengurangi segala hal yang berhubungan dengan data diri. Sebab semua data tersebut hendaknya memang mustakim dan bisa dibuktikan dengan bilang arsip. Misalnya dengan KTP, ijazah terakhir, SIM, dan lain sebagainya.

Belakangan ini, pihak HRD pun berharap calon pemohon pekerjaan mengaduh nama akun alat angkut sosial yang dimiliki. Misalnya sebagai upaya untuk mengetahui rekam jejak calon fungsionaris di dunia digital. Kaprikornus, pastikan selama ini sudah bijak dalam menggunakan internet khususnya akun media sosial pribadi.

2. Pendidikan

Unsur kedua di n domestik contoh daftar biografi merupakan pendidikan. Pendidikan bahkan menjadi bagian paling terdepan di kerumahtanggaan daftar riwayat nyawa. Biarpun unsur lainnya pun tidak kalah bermakna, hanya saja pendidikan galibnya menjadi fokus utama sesudah mendaras data diri.

Singularis untuk unsur pendidikan, pada dasarnya tidak perlu mencantumkan ki kenangan pendidikan dari TK. Disebutkan dari berbagai sumber bahwa pendidikan di dalam CV cukup dua pendidikan terakhir doang. Sebutkan tanda instansi atau sekolah, jurusan, tahun kelulusan, dan IPK yang diperoleh setelah lulus.

Baca :   Pada Saat Terbang Burung Bernapas Menggunakan

Inilah alasan kenapa orang dengan pendidikan pangkat memilih mencantumkan pendidikan terakhirnya. Sebab jika ditulis semua maka CV yang dibuat akan sangat tangga dan menghabiskan banyak halaman. Sementara itu, pihak HRD bahkan tidak terlalu tertarik engkau meruap TK dan SD dimana.

Fokus utamanya adalah pendidikan terakhir yang kamu selesaikan apa, dan itu sudah layak. Jadi, kapan menyibuk lengkap daftar riwayat hidup dijamin namun melihat dua pendidikan terakhir sahaja. Lain perlu menulis panjang lebar dan melelahkan, karena efeknya teguh setimbang. Adalah pendidikan terakhir yang dilihat.

3. Pengalaman Kerja

Unsur terdepan ketiga merupakan camar duka pekerjaan, hal ini perlu dicantumkan maka itu kali semata-mata yang hendak mewujudkan daftar riwayat hidup. Pengalaman pekerjaan menjadi bagian utama juga, karena bisa menjadi bahan pertimbangan HRD saat menemukan calon personel dengan pengalaman kerja yang linier.

Misalnya sekadar, satu firma membutuhkan koteng akuntan. Kebanyakan HRD akan memilih nomine sida-sida hijau yang tidak saja lulusan akuntansi, melainkan juga sudah lalu punya asam garam bak akuntan. Sehingga apapun asam garam pekerjaan yang dimiliki, silahkan dicantumkan.

Hindari menambahkan asam garam kerja yang tidak valid alias berbohong, sebab pihak HRD bisa melakukan pengecekan. Sekiranya ketahuan berbohong maka ada kemungkinan di waktu mendatang akan kesulitan lakukan mendapatkan pekerjaan. Sedangkan, punya riwayat pegangan nan banyak bukan selalu yang utama.

Sebab, bikin mahasiswa nan hijau sahaja diwisuda lebih menentang memfokuskan pengalaman berorganisasi dan juga magang. Jadi, saat belum punya asam garam pekerjaan maka bisa dikosongkan. Cuma, tambahkan keterangan pada kolom distingtif cak bagi magang dan organisasi.

Jika semasa kuliah aktif di BEM (Fisik Eksekutif Mahasiswa), meskipun menjadi anggota maka tetap terlazim dicantumkan. Aktif berorganisasi membantu setiap orang mendapatkan lebih banyak keterampilan, sehingga sering dijadikan mangsa pertimbangan oleh HRD. Sejenis itu pun dengan pengalaman magang.

4. Mualamat Tambahan

Khusus untuk sembarang orang yang belum memiliki pengalaman pencahanan, maka bisa mengaram acuan daftar riwayat hidup yang benar-bermartabat tepat. Yaitu perlu menambahkan siaran tambahan. Keterangan lampiran ini seperti angka sebelumnya berisi camar duka berorganisasi, pengalaman magang, dan lain-tak.

Selain itu, plong embaran suplemen juga bisa diisi dengan majemuk kesigapan yang dikuasai. MIsalnya tetapi menguasai kemampuan membuat desain, sebutkan kemampuan tersebut dan segel aplikasi nan dikuasai. Selain itu, daftar semua kursus nan perikatan diikuti, seminar bermanfaat yang koneksi diikuti, dan lain-lain.

Lamun masih belum memiliki pengalaman pekerjaan, jikalau keterangan tambahan ini menyajikan daftar keterampilan dan keahlian yang mumpuni. Maka kesempatan kerjakan masin lidah bekerja lagi akan selevel besarnya dengan mereka yang sudah berpengalaman panjang di dunia kerja.

5. Tanda tangan

Sekiranya kamu membuat daftar profil menggunakan catatan tangan, di putaran bawahnya kamu perlu mencantumkan tanda tangan, waktu dan tempat ketika surat tersebut ditulis. Hal ini menunjukan bahwa kamu memang bermartabat-benar menulis daftar riwayat hidup tersebut tanpa paksaan bermula siapapun.


Tekenan rata-rata diikuti maka dari itu logo teoretis, dan kini enggak hanya dicantumkan momen membuat daftar riwayat hidup manual. Melainkan juga yang diketik dengan Microsoft Word sebagai penanda siapa pemilik dan pembuat daftar riwayat sukma tersebut.

8+ Pola Daftar Biografi

Meski lebih mudah intern memformulasikan daftar riwayat roh sendiri, berikut adalah contoh daftar riwayat hidup:

1. Contoh Daftar Riwayat Arwah 1

DAFTAR Memoar

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  1. Nama: Julda Ahmad
  2. Tempat Sungkap Lahir: Yogyakarta, 15 Februari 1984
  3. Macam Kelamin: Laki-Laki
  4. Prestise: Belum Kawin
  5. Korban: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000
  6. Nasional: Indonesia
  7. Agama: Selam
  8. Nomor Handphone: 0811 2233 4433
  9. Email:
    [email protected]

Pendidikan:

  1. SD Al Washliyah 19 Jakarta 1993 – 1998
  2. SMP Kewedanan 1 Jakarta 1998 – 2001
  3. SMA Pelita Harapan 2001 – 2004
  4. Institut Indonesia (Ekonomi) 2004 – 2008

Pengalaman Organisasi:

  1. Anggota badan administratif mahasiswa (BEM) di Perserikatan Indonesia dari tahun 2004 – 2007.

Minat dan keahlian:

  1. Mampu bercakap dengan baik
  2. Menuntaskan penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Senang menggambar

Hormat saya

Julda Ahmad

2. Contoh Daftar Profil 2

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Etiket : Raditya Alam
  2. Jenis Kelamin : Laki – laki
  3. Kancah, Rontok Lahir : Panggung, 12 November 1990
  4. Nasional : Indonesia
  5. Prestise Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Islam
  7. Kesehatan : Dulu Baik
  8. Alamat Lengkap : Jl. Gaperta No. 13 Kel. Medan Helvetia Kec. Helvetia Kota Tempat 20211
  9. Nomor Telepon : 08122211331
Baca :   Chord Gitar Fiersa Besari April

PENDIDIKAN Seremonial

  1. 1998 – 2001 : SD N 3 Palagan
  2. 2001 – 2004 : SMP 45 Medan
  3. 2004 – 2007 : SMA Matraman Wadah
  4. 2007 – 2014 : Program S1 Pengelolaan di Universitas Sumatera Lor

Pengalaman KERJA

  1. Bekerja di PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk. Palagan Ibarat Verifikator Kartu Kredit Januari 2009 – September 2009
  2. Berkarya di PT. Mitra Sejahtera sebagai Head Marketing  Desember 2009 – Juli 2011
  3. Bekerja di PT. Melia Sehat Sejahtera Gelanggang seumpama Top Leader September 2013 – Februari 2015
  4. Bekerja di PT. Sinchan Abadi Kancah sebagai Administrasi Maret 2015 – Sekarang

Pengejawantahan

  1. Pemenang 1 Bulu tangkis Piala Gubernur (2011)
  2. Juara 1 Badminton Antar Mahasiswa Nasional USU (2014)

Demikian Daftar Biografi ini. Saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

Nugroho Septian

3. Teladan Daftar Riwayat hidup 3

DAFTAR Profil

Nama : Septi

Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 11 Maret 1998

Alamat ideal : Jl. Imogiri Timur Km.12,8 Puton, Trimulyo, Jetis Yogyakarta

Jenis Kelamin : Perempuan

Warga Negara : Indonesia

No. Telp : 0812981032

PENDIDIKAN

  1. SD N 2 Yogyakarta
  2. SMP Negeri 1 Yogyakarta
  3. SMA 7 Yogyakarta

Pengalaman KERJA

  1. Esensi Warna

Demikian Daftar Riwayat hidup ini saya kerjakan dengan sepantasnya serta menurut peristiwa nan sesungguhnya.

Hormat saya,

Septi

4. Arketipe Daftar Riwayat Semangat 4

Curriculum Vitae

Personal Details

Name : Alex okky

Address : JI. Bukit Batu, Bogor, West Java 16128

Phone Number : 0812 000 00 000

Place & Date of Birth Gender :  Bogor, June 1988

Marital Status : Single

Religion : Selam

Nationality : Indonesian

Educational Background

  1. 1992 – 1999 Indonesia International, Elementary School, Bogor
  2. 1999 – 2002 Junior High School / SMPN 07 Bogor
  3. 2002 – 2005 Senior High School SMAN 01 Bogor
  4. 2005 – 2008 Accounting Degree University of Indonesia GPA = 3.85 (scale 4)

Job Experiences

  1. August -September 2008 On the job training at PT. Rajawali Raya (Persero) Bogor
  2. January, 2010 English Course at Bogor English Course Education Centre
  3. On June 2012 TOEFL Test at Gajah Mada University
  4. 2013-2014 Marketing in Finance Companies
  5. Computer skills
  6. Web Design, Programming, Internet Marketing, Micro- I soft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, making software, Corel Draw, Adobe Photoshop.

Personality

Good attitude, kind, communicative, diligent, tolerant, target oriented, disciplined, honest, and responsible.

Bogor, 25 Maret 2015

Alex Okky

5. Contoh Daftar Riwayat Spirit 5

DAFTAR Biografi

DATA PRIBADI

  1. Nama : Nugroho Septian
  2. Jenis Kelamin : Laki – suami
  3. Wadah, Tanggal Lahir : Tempat, 13 Desember 1990
  4. Kewarganegaraan : Indonesia
  5. Status Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Islam
  7. Kesegaran : Suntuk Baik
  8. Alamat Lengkap : Jl. Gaperta No. 13 Kel. Medan Helvetia Kec. Helvetia Kota Gelanggang 20211
  9. Nomor Telepon : 08122211331

PENDIDIKAN Lumrah

  1. 1998 – 2001 : SD N 3 Medan
  2. 2001 – 2004 : SMP 45 Wadah
  3. 2004 – 2007 : SMA Matraman Ajang
  4. 2007 – 2014 : Program S1 Manajemen di Universitas Sumatera Utara

Camar duka KERJA

  1. Berkarya di PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk. Medan Misal Verifikator Tiket Kredit Januari 2009 – September 2009
  2. Bekerja di PT. Mitra Sejahtera sebagai Head Marketing  Desember 2009 – Juli 2011
  3. Bekerja di PT. Melia Sehat Sejahtera Medan andai Top Leader September 2013 – Februari 2015
  4. Bekerja di PT. Sinchan Langgeng Wadah sebagai Administrasi Maret 2015 – Saat ini

Performa

  1. Kampiun 1 Badminton Beker Gubernur (2011)
  2. Juara 1 Surai Sanggep Antar Mahasiswa Nasional USU (2014)

Demikian Daftar Profil ini. Saya buat dengan sesungguhnya.

Hormat saya,

Nugroho Septian

6. Eksemplar Daftar Riwayat Atma 6

DAFTAR Riwayat hidup

DATA PRIBADI

  1. Tera : Adi Nugroho
  2. Keberagaman Kelamin : Lelaki
  3. Tempat & tanggal Lahir : Surabaya, 15 Maret 1979
  4. Sasaran : Jl. Kertosono No. 21 Kel. Timbang rasa Kec. Suramadu Daerah tingkat Surabaya
  5. No. HP : 0122111592
  6. Agama : Buddha
  7. Kewarganegaraan : Indonesia
  8. Harga diri : Menikah
  9. Email : [email protected]

PENDIDIKAN Formal

  1. SD Distrik 4 Surabaya
  2. SMP Negeri 1 Surabaya
  3. SMA Daerah 5 Surabaya

PENGALAMAN KERJA

  1. ASTRA  jabatan Sales Executive
  2. TELKOM INDONESIA jabatan Salesman
  3. MITRA PASIFIK SOFT jabatan Head Marketing

Demikian daftar memoar ini saya buat dengan sebenarnya.

Hormat saya,

Adi Nugroho

7. Abstrak Daftar Riwayat Semangat 7

Daftar Biografi

Data Pribadi

Nama : Anita Bestari Alam

Tempat/Tanggal Lahir : Wirosari, 24 April 1992

Jenis Kelamin : Dayang

Agama : Islam

Penghuni Negara : Indonesia

Status : Belum menikah

Baca :   Contoh Alif Lam Syamsiah

Alamat : BTN Blok Cimerta No. 178 RT 01/05 Kel. Karangasem, Kec. Wirosari, Kab. Grobogan, Jawa Perdua.

Pendidikan

SD Distrik 1 Karangasem Perian 1998-2004

SMP Negeri 25 Wirosari Perian 2004-2007

SMK Analis Ilmu pisah Purwodadi Perian 2007-2011

UNS / Pendidikan Bahasa Inggris Musim 2012-2016

Pendidikan Non Protokoler

Japanese Class UNS Tahun 2016

Asam garam Kerja

Belum ada

Pengalaman Organisasi

  1. KOPHI (Koalisi Teruna Hijau Indonesia) Regional Jawa Tengah.
  2. Go Pangan Lokal Regional Semarang.
  3. PMR SMP Area 25 Purwodadi.

Kegiatan yang Sangkut-paut Diikuti

  • Menjadi panitia sekaligus pelajar untuk kegiatan Dewan perwakilan Nasional KOPHI dengan tema “Berkoalisi dalam mewujudkan lingkungan yang lestari dengan menjunjung budaya saling mengagungkan, ganti mengingatkan, dan saling menghargai” di Makassar 15 November 2015.
  • Sebagai peserta plong seminar Hukum Lingkungan dengan tema “Ada Segala apa dengan Hukum Lingkungan di Indonesia?” di Semarang pada 20 November 2015.
  • Sebagai murid sreg “Environmental Journalism Training” nan dilaksanakan di US Consulate General Surabaya di Surabaya plong 12 Desember 2016.
  • Ibarat peserta pada “A Mendeley Presentation” yang digelar maka itu PT. Angkasa Raya Indonesia di Jakarta pada 1 Januari 2017.

Kemampuan

  • Ms. Word
  • Ms. Excel.
  • Ms. Power Point.
  • Bahasa Indonesia.
  • Bahasa Inggris.

Rangkaian

Telepon : 0857600900990

Email :
[email protected]

8. Teoretis Daftar Riwayat Hidup 8

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi

Nama : Stephani Putri

Palagan/Tanggal Lahir : Jakarta, 15 Januari 1998

Jenis Kelamin : Gadis

Agama : Kristen

Tangga Fisik : 176 cm

Berat Badan : 56 kg

Status Pernikahan : Belum Menikah

Nomor Handphone ; 085760098800

Alamat Email :
[email protected]

Website : www.stephaniputrihome.com

Sasaran kondominium : Jl. K.H Agus Salim Blok D31 Nomor 32 RT 09/10 Depok Jawa Barat

Latar Pinggul Pendidikan

Universitas Indonesia Jurusan Akuntansi musim 2016-2020

SMA Kalam Jati Tahun 2013-2016

SMP Penis Masif Periode 2010-2013

SD Kalam Masif Waktu 2004-2010

Prestasi Akademik

Ranking 1 di SMA Kontol Salih sejak kelas X-XII di masa 2013-2016.

Pemenang I Lomba Cerdas Cermat Bahasa Inggris yang digelar di Bandung sreg 23 April 2011

Juara III Lomba Melukis dengan tema “Cita-Cita detik Memasuki Atma Dewasa” diselenggarakan oleh SMP Zakar Putih pada 20 Mei 2013.

Kemampuan/Keterampilan

  • Memiliki kemampuan lakukan membuat website dan mendesain tampilannya dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman.
  • Memiliki kemampuan untuk menggunakan dan mengoperasikan Ms. Word dan Ms. Excel.
  • Bakir menggunakan aplikasi MYOB untuk membuat deklarasi keuangan secara lengkap.
  • Memiliki kemampuan baik dalam mengatasi bahasa Inggris.
  • Mempunyai kemampuan baik n domestik menguasai bahasa Belanda.
  • Memiliki kemampuan baik dalam kerjasama (teamwork), kepemimpinan (leadership), memecahkan keburukan (problem solving), dan kembali memiliki penghargaan tahapan pada orang sekitar (respectful).

Partisipasi dalam Seminar

  • Menjadi peserta dalam seminar “Who Wants To Be Someone in 2025?” nan digelar maka itu Sekolah tinggi Indonesia pada 15 Mei 2019.
  • Menjadi siswa dalam program seminar bertajuk “Good Motivation and Training” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Perguruan tinggi Indonesia pada 20 Januari 2018.

9. Pola Daftar Riwayat Vitalitas 9

Daftar Riwayat Kehidupan

Data Pribadi

Name                        : Alam Muhammad

Date Of Birth             : Mei 7th, 1998

Address                    : Jalan Jayagiri VII Nomor 21 A Renon Denpasar Bali

Marital Status            : Single

Mobile Phone            : 0820140705

Email Address          :
[email protected]

Rataan Pantat Pendidikan

2002-2008                 : SD Adabiah

2008-2011                 : SMP Al Azhar

2011-2014                 : SMA Bina Nusantara

Training dan Kursus

2011                         : ESQ Training Universitas Indonesia

2012                         : Software computer training

2013                         : Grooming Intelligence Course

Keterampilan

  • Programming
  • Adobe Photoshop, Corel Draw, SEO Tools
  • Microsoft Office

Kelebihan Personal

  • Hardworking
  • Good team leader
  • Tolerant
  • Discipline
  • Responsible
  • Honest

Artikel Terkait :

Contoh Kopi Lamaran Dosen

Acuan CV Dosen yang Baik dan Ter-hormat

Contoh Resume Kerja yang Dapat Dijadikan Referensi

Contoh Surat Rekomendasi Orasi

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Benar

Source: https://www.duniadosen.com/contoh-daftar-riwayat-hidup/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.