Contoh Kwitansi Jual Beli Motor

Contoh Kwitansi Jual Beli Motor

Carmudian yang masih bingung membuat kwitansi jual mobil bisa menyibuk contoh puas kata sandang berikut ini. Bukti kwitansi bilamana jual ataupun beli mobil sangatlah penting bagi tuan kendaraan.

Hal tersebut menjadi bukti sah ketika hendak melakukan miring logo kendaraan. Selain itu kwitansi jual beli mobil juga boleh menghindari konflik di kemudian tahun dari mobil nan mutakadim Anda beli.

Setidaknya lewat kwitansi komersial otomobil tersebut Carmudian telah memiliki bukti sah kepemilikan kendaraan jebolan selain BPKB dan STNK. Galibnya ki alat yang dibeli akan dibuatkan kwitansi jual beli.

cek kondisi mobil

Nah, Carmudian nan masih senewen bakal membuat kwitansi jual beli mobil, boleh melihat transendental berikut. Bagaimana dan segala saja yang harus dituliskan dalam kertas tersebut?

Isi Konten

  • Contoh Kwitansi Jual beli Mobil
    • Siapkan Kwitansi
    • Siapkan Meterai
    • Penulisan Contoh Kwitansi Membahu Otomobil
  • Biaya siluman Sebelum Membeli Otomobil Bekas
    • Pastikan Cek Kondisi Secara Mendunia
    • Cek Kelistrikan
    • Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Arketipe Kwitansi Jual beli Oto

Bagi Carmudian yang nikah melakukan transaksi membeli kendaraan bekas mungkin sudah senggang apa saja nan teragendakan privat kwitansi tersebut. Untuk yang belum pernah, kami akan memberikan arketipe kwitansi kulak mobil yang bisa ditiru.

Siapkan Kwitansi

Sebelum membuat kwitansi komersial, siapkan kwitansinya terlebih silam. Kebanyakan yang dibutuhkan doang selembar saja untuk setiap transaksi.

contoh kwitansi jual beli mobil

Contoh kwitansi kulak otomobil yang boleh digunakan. (Foto: Idiosinkratis)

Setelah itu Carmudian pula butuh instrumen tulis untuk menuliskan keterangan pada kwitansi tersebut. Jika pembuatan kwitansinya memakai komputer rasanya tak membutuhkan kedua barang tersebut.

Siapkan Meterai

Setelah menyiapkan kwitansi dan perangkat catat, lebih jauh Ia bisa mempersiapkan meterai. Bisa menggunakan materai Rp6 mili ataupun Rp10 ribu.

Baca :   Penyakit Mata Pada Kucing


Mengapa butuh dan kelebihan dari meterai?

contoh kwitansi jual beli mobil

Menurut Undang-undang No.13 waktu 1985 tentang Bea Meterai (UU Bea Meterai) materai digunakan sebagai pengenaan fiskal atas dokumen tertentu, sehingga tidak menjadi hal penentu atas sah atau tidaknya satu perjanjian.

Pada UU tersebut juga dikatakan jika ada sejumlah pertinggal nan harus menggunakan meterai baik nama dan n domestik bentuk apapun yang mempunyai harga nominal sampai dengan Rp1 juta.

Penulisan Contoh Kwitansi Membahu Mobil

Setelah semua disiapkan, Carmudian bisa langsung menuliskan bukti transaksi jual beli mobil pada kwitansi yang disiapkan. Berikut ini model pengisiannya:

No.

Sudah diterima berpokok: (Nama penawar kendaraan)

Persen sebanyak: (Harga media yang dituliskan secara terbilang. Misal: “Dua Desimal Tiga Juta Euro”)

Kepentingan mengupah: (Kendaraan yang disepakati antara penjual dan pengasosiasi silam sertakan permakluman maujud label kendaraan, masa produksi, warna alat angkut, plat nomor, nomor mesin kendaraan, nomor rangka kendaraan, lokasi transaksi, dan copot transaksi terjadi pelunasan tersebut).

Besaran: (Besaran uang yang dibayarkan, dituliskan dengan angka, misal: Rp23.000.000,-)

Paraf berpunca penerima persen privat artian penjual di atas materai.

Kalau masih khawatir, berikut kami beberkan contoh kwitansi jual beli mobil yang bisa Anda gunakan laksana panduan.

No. 12

Telah diterima dari: Carmudi Indonesia

Uang sebanyak: Dua Puluh Tiga Juta Rupiah

Arti menggaji: Pembelian 1 unit mobil Toyota Rusa Kapsul dandan mentah, perian 1999, dengan nomor polisi B 1234 KJ, nomor rangka 378OKS9641J, nomor mesin 7K310BE9, Jakarta 12 Desember 2021.

Kuantitas: Rp23.000.000,-

Materai

Segel Penjual

Kwitansi sreg jual beli oto umumnya ditempel pada babak dasar sebelah kanan. Paraf harus melampaui interior dan asing dari kwitansi sebagai bukti halal perjanjian kedua belah pihak.

Baca :   Cara Mengobati Mata Katarak Dengan Daun Sirih

Jika membeli dari tuan pribadi, Kamu bisa menambahkan nama nan termuat sreg BPKB dan STNK kendaraan. Akan lebih baik lagi jika menambahkan nomor KTP dari pemilik oto tersebut untuk memperteguh bukti membahu sreg kwitansi tersebut.

contoh kwitansi jual beli mobil

Acuan kwitansi jual beli otomobil yang bisa digunakan. (Foto: Istimewa)

Tapi lazimnya penambahan NIK KTP ini jarang dilakukan walaupun selayaknya stereotip-formal belaka bagi ditambahkan. Jika masih ragu Carmudian bisa mengikuti panduan yang kami berikan di atas saja, ya.

Pastikan bukti membahu tersebut juga terdapat meterai lega kwitansinya. Bukti transaksi ini nantinya bisa digunakan kerjakan keperluan balik cap kendaraan.

Tips Sebelum Membeli Oto Lepasan

Pada artikel contoh kwitansi kulak otomobil boleh jadi ini juga akan kami sertakan terbatas informasi tentang barang apa yang harus dilakukan ketika membeli otomobil.

  • Pastikan Cek Kondisi Secara Mendunia

Jangan terburu-buru untuk sekalian membayar mobil yang sedang Anda tatap. Cek secara menyeluruh semua bagian mobil, terutama mesin, gigi, dan AC mobil.

Usahakan Carmudian mengecoh kondisi cold start mobil yang hendak dilihat. Perhatikan bagaimana kondisi starter mobil saat mesin tawar rasa dan detik mesin panas.

contoh kwitansi jual beli mobil

Jika tak ada komplikasi, peluang besar mobil tersebut kondisinya layak baik. Jangan lupa periksa karet-kejai, pelana bagasi, sela bumper lakukan dipastikan tidak ada karat.

Jika plong kencong bumper, bagas, dan sela ki ditemukan adanya karat, siapa mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. Tanyakan kepada empunya mengapa ada karat di beberapa titik yang dilihat.

  • Cek Kelistrikan

Mainkan seluruh elektrikal yang cak semau di oto sebagai halnya lampu busur, sein, hazard, power window, dan cembul enggak nan terserah di dasbor. Usahakan seluruh cembul masih berfungsi normal minus hambatan.

Baca :   Pinjaman Uang 50 Juta Tanpa Jaminan

Jangan lupa mainkan AC dan rasakan semburan kilangangin kincir yang dihasilkan. Apakah AC tersebut patut hambar alias hanya terasa hembusan angin saja.

Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi contoh kwitansi jual beli mobil

Ilustrasi pengusahaan multimeter. (Foto: Freepik)

Jika sudah moralistis-bermoral puas, Carmudian boleh meminta pemilik mobil cak bagi melakukan test drive. Oiya, saat melakukan test drive usahakan bukan mendengarkan radio
 agar Carmudian bisa mendengarkan suara aneh saat mobil menengah digunakan.


Kritik aneh yang kami intensi adalah bunyi suku-kaki, suara miring mesin, knalpot mencirit, dan bunyi janggal lain yang umumnya terjadi pada oto yang kurang terawat.

  • Cek Nomor Bagan dan Nomor Mesin

Jikalau sudah bermartabat-bermartabat cocok, langkah ragil merupakan melakukan kroscek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Pastikan nomor mesin dan nomor rangka puas mobil sesuai dengan surat kendaraan.

Adira Insurance

Cek mobil sebelum membeli.

Jika tidak mengetahui letak kedua nomor tersebut jangan sungkan untuk bertanya. Atau bisa juga melihat YouTube tentang posisi nomor rangka dan nomor mesin dari mobil yang madya Carmudian coba.

Penulis: Rizen Panji

Penyunting: Dimas

Contoh Kwitansi Jual Beli Motor

Source: https://www.carmudi.co.id/journal/hendak-beli-mobil-begini-contoh-kwitansi-yang-harus-disiapkan/

Check Also

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan Youtube Majalah Bobo Cak kenapa Burung Garuda Pancasila …