Gendongan M Shape Jarik

Bismillah. Assalamu’alaikum.

Bund, sejak pada saat kalian tau kalau menggendong bayi kian disarankan menggunakan metode M-shape? Kalau saya jujur plonco tau ketika Pangeran hayat dua tahun, hihi. Dan sekarang Kanjeng sultan usianya udah panca tahun.

Berarti seputar tahun 2018 saya bau kencur tau cara menggendong jabang bayi yang kesepakatan dan benar.

Berasa telat banget sih baru tau ketika anak udah gede. But is okay. Better late than never, ya kan.

Tapi untungnya, biar habis belum tau kaidah panggul M-shape, Alhamdulillahnya
 saya nggak kontak pake NBC (na
rrow based carrier) untuk gendong anak.

SSC pertama saya. Beli pas momongan ke dua semangat 7 bulan. Saya pilih Ultimo terbit Cuddle Me

Punya NBC mulai sejak kado lahiran, tapi terkadang nggak ada keinginan lakukan pake. Padahal adv amat pun saya nggak tau kalau NBC merupakan gendongan yang enggak rekomen.

Jadi saya hanya pakai jarik, pouch sling, dan hipseat untuk gendong Paduka.

Sebelumnya peroleh kasih untuk para Babywearing Consultant dan ibu-ibu yang buruk perut sharing tentang pendirian menggendong yang baik, aneh-aneh gendongan nan aman, dan rekomendasi merk gendongan yang ergonomis di grup Facebook.

Ilmunya sangat-sangat berfaedah, sehingga saya bisa menerapkan ke anak ke dua saya masa ini.

Dikutip dari Wikipedia,
M-shape merupakan salah suatu teknik menggendong bayi yang minimum dianjurkan, dimana letak lutut lebih tingkatan berpokok bokong anak. Posisi ini dianggap lega hati karena membuat dukung bayi patuh kaya di dalam rongganya, dan juga tak akan membuat kaki bayi terus menjangkang sampai dewasa.”

Hasil saya baca-baca file di grup, sharing berasal para buibu, dan cari tau ke sana ke sini, so here saya mau nulis Macam-Tipe Gendongan yang Mendukung M-shape.

Baca :   Cara Melipat Tisu Untuk Sendok

Mudah-mudahan bisa bermanfaat dalam kondusif para ibu-ibu nan masih bimbang dalam memilih gendongan ergonomis.

Prinsipnya dalam memilih gendongan yakni, pilih gendongan nan ergonomis (aman dan nyaman). Hindari membeli gendogan merk impor tapi KW. Lebih baik membeli gendongan lokal nan ergonomis karena dijamin keasliannya.

Kalau cak hendak beli yang impor ya silakan aja, asal pastikan gendongannya original. No KW-KW club.

Sangat, Gendongan Seperti Apa yang Mendukung M-shape?


1. Jarik/Selendang Batik

Ada nggak sih yang nggak punya jarik? kayanya hampir semua punya, ya. Entah itu beli, dapet dari kado, maupun kancah ayah bunda lampau.

Ternyata jarik tertera gendongan ergonomis yang mendukung M-shape, lho.

Kendati bahunya nggak pegel ketika gendong anak, pakai jariknya metode simpul sauh, no no no hip carry, alias no sew ring sling, ya. Dijamin anti pegel bahunya.

Selain ergonomis, jarik lagi gemi karena harganya murah habis-habisan. Malar-malar nggak teristiadat beli lagi karena rata-rata pada punya jarik di rumah.


2. Gelang-gelang Sling

Cukuplah, ini nggak jauh cedera dengan jarik. Gendongan dengan kain strata menyerupai jarik, tapi terletak dua gelang-gelang yang sudah dijait.

Salah satu kamil cincin sling brand lokal Cuddle Me

Ring-nya berfungsi cak bagi mengaitkan tiras saat menggendong.

Ada nan udah mempunyai gelang-gelang sling?

Jarik juga boleh dipakein cincin seorang kalau ingin dipakai ala-ala ring sling. Suntuk beli cincin-nya di Ecommerce, lalu jahit koteng gelang-gelang-nya. Ataupun bisa pakai metode no sew cincin.

Pastikan beli ring yang bulat komplet tanpa celah, karena dikhawatirkan bisa kutung atau bengkok ketika menggendong kalau pakai ring yang bercelah.



Ring bercelah yang B


3. Pouch Sling

Baca :   Berat Badan Ideal Tinggi 154

Kalau ring sling bentuknya kain tangga seperti mana jarik, selisih sekali lagi dengan pouch sling.

Pouch sling bentuknya sebagaimana gendongan samping instan.


4. Baby Wrap

Dulu pas masih hamil Raja, saya sempet mau beli gendongan wrap begini, tapi nggak makara karena kayanya rbet gitu.

Salah suatu ideal baby wrap brand tempatan Nana

Baby wrap umumnya terbuat berpokok mangsa kaos ataupun woven. Tersedia baby wrap instan dan manual. Kalau yang instan tinggal slup aja ke badan. Beda dengan manual, nan harus lilit-lilit sendiri.


5. Soft Structured Carrier (SSC)

Ini nih gendongan yang lagi hype banget. Banyak orang nan menyebutnya gendongan depan atau gendongan ransel.

Saya pakainya SSC Cuddle Me yang Ultimo.

Dapat tepat, bisa sekali lagi nggak. Karena gendongan depan bisa NBC, SSC, atau Hipseat.

Ambillah, gendongan depan/gendongan ransel yang mendukung M-shape hanya SSC. NBC dan hipseat setimpal sekali nggak support M-shape.

Ini kenapa harus M-shape, dan perbedaan NBC vs SSC. Saat anak digendong pake NBC, suku anak menggantung.



Lebih lagi pendayagunaan NBC nggak direkomendasikan karena alasan keamanan dan kenyamanan.

Kerjakan Hipseat memang masih diperbolehkan untuk digunakan. Asal memperhatikan beberapa poin sebagai halnya menunggu anak boleh duduk mandiri, dan tidak boleh kian dari 30 menit ketika anak digendong hadap luar karena khawatir terjadinya over stimulasi.

Ini Hipseat, gendongan yg cak semau dudukannya. Banyak bgt yg pake ini, tapi lain tau adat pemakaiannya.


6. Meh penyeru

Sepertinya jika Meh dai kurang popular karena runyam yang pake. Eh atau saya aja siapa nan kudet?

Selintas, Meh penyeru tuh sama dengan perpaduan SSC dan Baby Wrap.

Baca :   Make Up Seram Simple

Penggalan punggung
dan pinggangnya minus buckle/ceklekan.

Pelecok satu contoh Meh pendakwah brand lokal Nana. Tampak depan

Tampak belakang

Kayanya brand lokal yang memproduksi Meh dai pun masih terbatas. Salah satunya Nana nan memproduksi Meh dai.

Gimana? Banyak kan gendongan yang kontributif M-shape? Jadi nggak ada alasan lagi ya bakal pakai gendongan yang nggak lega dada dan nyaman seperti NBC.

Dari beberapa macam gendongan di atas, dapat disesuaikan dengan harga dan keinginan sendirisendiri.

Lakukan latihan jarik simpul jangkar, no no no hip carry, no sew cincin sling, ataupun mau tau selanjutnya tentang NBC, hipseat, dll. Kalian bisa browsing sendiri ya biar kian banyak bacaan.

Salam,

Gendongan M Shape Jarik

Source: https://www.ichafaaizah.com/2021/05/macam-macam-jenis-gendongan-mshape.html