Kerajinan Dari Kaca Bekas

By | 01/09/2022

Kerajinan Dari Kaca Bekas

Dalam berbagai kebudayaan, target beling sering dikreasikan menjadi benda seni yang indah. Pada zaman lampau, kerajinan kaca digunakan lakukan menunjukkan status pemiliknya. Contoh kerajinan dari kaca di India adv amat diperuntukkan cuma bakal kaisar.

Walaupun awam galibnya hanya mengenal gelas patri atau kaca motif jika mendengar beling rias, tapi sebenarnya masih banyak ragam kerajinan dari kaca yang ada.

Di artikel ini, kami menulis tentang beragam kerajinan berpunca pecahan kaca, misalnya reka cipta toples beling, lukisan jambang kaca atau kerajinan dari botol C1000.

Banyak cara membuat kerajinan tangan bersumber botol alumnus gelas yang bisa dilakukan di rumah. Anda dapat dengan mudah mempraktekkan cara membuat botol bunga dari pot kaca dengan memanfaatkan jambang alumnus sirup atau gelas kaca nan tidak terpakai.

CONTOH KERAJINAN DARI KACA


Membuat kerajinan tangan adalah hal yang menyenangkan. Malar-malar hobi yang satu ini bisa membuat benda-benda tidak terpakai di rumah menjadi berguna.

Selain bisa dilakukan bakal memuati periode senggang, kerajinan gelas bisa menjadi sumber pendapatan jika ditekuni. Anda lewat mempelajari diversifikasi macam
kerajinan bermula kaca dan mandu pembuatannya
di bawah ini.

1.
Hiasan berpokok Toples Kaca

kerajinan kaca dari botol toples

Engkau punya toples kaca yang enggak pernah terpakai? Sudah saatnya mengalihfungsikan toples tersebut buat menghias flat Sira.

Selain toples kaca, Anda juga bisa memakai gelas kaca vintage/jadul bakal membuat bermacam-variasi hiasan terbit kaca di bawah ini. Gelas vintage tersebut saat ini sedang tren digunakan di bervariasi kafe dan bisa dibeli dengan mudah di toko.

Jika telah mendapatkannya, Kamu tinggal mengkreasikannya menjadi beragam riasan.

Terrarium

kreasi dari kaca terrarium

Pernah dengar istilah terrarium?

Terrarium yakni wadah yang diisi lahan, pasir, bebatuan, dan tanaman sehingga membentuk mileu tersendiri. Bakal hamba allah-khalayak di asing negeri, terrarium pada awalnya digunakan cak bagi merawat reptil atau serangga koleksi mereka.

Nah, baru-baru ini terrarium berangkat dikreasikan lebih jauh. Tidak lagi dijadikan arena satwa piaraan, tapi dihias sedemikian rupa sehingga menjadi hasil kreasi yang cantik dan sangat pantas dipajang.

Jika punya toples alias wadah gelas, Anda bisa coba mengkreasikannya menjadi terrarium sama dengan pada gambar di atas.

Proses pembuatannya cukup mudah karena hanya membutuhkan lahan dan tanaman kecil, yang kemudian ditata selawa mungkin.

Anda boleh mencari referensi di Google untuk melihat seperti mana apakah terrarium kebanyakan dihias, sangat mencari bahan-bahannya di toko kerajinan atau aplikasi
marketplace.

Pot Pokok kayu

kaca cantik untuk pot tanaman

Takdirnya lain terlalu demen mengeset benda-benda kecil seperti terrarium dan lebih suka sesuatu yang simpel, Anda boleh mengepas membuat vas pokok kayu dari botol gelas.

Dia tinggal mengegolkan beberapa alai-belai kecil dan tanah ke dalam botol, terlampau menanam pati tumbuhan di dalamnya. Jambang tumbuhan ini boleh ditaruh di balkon rumah Sira, ataupun Anda pula boleh membuat gantungannya sehingga pot cantik ini bisa ditaruh di dalam rumah

Vas Rente

benda terbuat dari kaca vas bunga

Selain rupawan, hiasan vas rente dari jambang beling sangat mudah dibuat. Anda dulu memperalat jambang kaca hampa yang mutakadim bersih, mengisinya dengan air lalu meletakkan sangkut-paut anakan di dalamnya.

Baca :   Membuat Jam Dari Kardus

Jika Ia telaten, Anda dapat menambahkan hiasan-paesan di botol kaca nan kepingin digunakan sebagai vas bunga. Contohnya hiasan renda, benang rami, lin, maupun washi tape.

Selain itu, Anda sekali lagi dapat mengecat permukaan luar botol kaca menggunakan cat dof/matte ataupun cat bercelup metalik.

Lampu Gantung

kerajinan dari kaca dan cara pembuatannya

Tidak hanya bisa digabungkan dengan pohon, botol beling juga dapat dikreasikan dengan komponen listrik. Pola kerajinan dari beling ini yaitu untuk lampu busur gantung atau
chandelier
tercecer seperti pada susuk di atas.

Cara membentuk lampu gantung menggunakan botol kaca pun silam terlambat.

Fitting/dudukan bohlam lampu busur berbarengan lampunya lewat mudah ditemukan di toko listrik. Anda cukup mengincar tutup jambangan kaca, memasukkan kabel dari liang tersebut, terlampau menyambungnya ke fitting dan memasang bohlam bola lampu. Tutup kembali dan botol kaca pula mutakadim bisa digunakan sebagai bohlam.

Engkau silam berkreasi dalam menata botol-botol bohlam yang telah dibuat dan membuat tulangtulangan tertinggal cak bagi menggantungnya.

Bohlam Tidur

contoh kerajinan dari kaca lampu tidur

Kalau tidak mau repot berurusan dengan alat-perabot elektrik, Dia kukuh bisa kok membuat lampu dari botol kaca.

Caranya gantilah lampu dan fitting lampu busur tadi dengan bohlam tumblr alias lampu LED strip. Jenis lampu ini mirip dengan lampu pada foto di atas dan sudah banyak tersedia, baik di toko kerajinan maupun di
online shop.

Karena toples galibnya berdosis kecil, Sira tidak mesti membeli lampu LED strip tahapan-panjang.

Enaknya juga, jika mutakadim memiliki lampunya maka Anda tidak wajib mengeset lagi. Langsung masukkan saja ke toples dan lampu kamar berpangkal toples kaca sudah siap digunakan.

Botol Minum Gelas

tempat minum kreasi dari kaca

Nan ini siapa agak berat dibuat di Indonesia. Di luar distrik toples dan gelas kaca galibnya sudah punya format standar (quart, half pint, pint, quarter pint) sehingga orang-orang Barat telah mulai berkreasi dengan prinsip mengubah tutupnya saja.

Eksemplar hasil karyanya adalah seperti mana gambar di atas. Tutup toples kaca dibuat menyerupai tutup botol minum.

Anda tinggal mengganti tutup toples matra patokan menggunakan tutup jambang mereguk tersebut. Tutupnya kencang dan bukan mudah copot sehingga toples kaca dapat dibawa ke mana-mana sebagai botol minuman nan stylish.

Sekiranya Sira memang suntuk ingin mencoba kreasi beling yang satu ini, Kamu bisa mencari jambang kaca dan tutup botol minumnya di Amazon atau eBay.

Botol Sabun cair

hiasan dari kaca tempat sabun

Setolok sebagaimana botol minum yang sebelumnya, invensi botol kaca yang satu ini juga dilakukan dengan mengganti tutup botolnya.

Dengan mengganti tutup jambang beling menjadi kepala teoretis
pump, Dia dapat mengisi pot kaca dengan sabun cair alias sampoo.

2. Kaca Cakap yang Dihias dengan Metode Lukis

Selain menidakkan fungsi benda-benda kaca, Anda lagi bisa bekerja dengan kuas. Teoretis kerajinan dari kaca berikut ini dibuat dengan menyajak benda-benda kaca menggunakan metode lukis.

Beling Lukis

hiasan kaca gelas

Bukan cak hendak bidang datar makan Anda mati dan konvensional saja? Anda bisa bekerja dengan memberi motif maupun bagan lega gelas-gelas di rumah.

Anda cukup memperalat kuas kecil dan cat minyak untuk membuatnya. Bukan perlu sano jika Ia tidak pandai melukis karena motif hipotetis lagi akan terlihat rupawan pada gelas beling.

Baca :   Cara Membuat Bunga Dari Botol Bekas Air Mineral

Vas Lukis

botol lukis kerajinan kaca

Takdirnya tidak mau mengubah tampilan peralatan bersantap, Ia bisa menggunakan botol gelas bagi dekorasi rumah. Cukup gunakan botol gelas kosong dan lukis permukaannya.

Takdirnya belum cukup, Engkau sekali lagi bisa menambahkan fitting bohlam kecil dan memasukkannya ke dalam botol begitu juga pada kerajinan botol gantung yang sudah dibahas tadi.

Ajang Pensil

cara membuat kerajinan dari kaca tempat pensil

Riuk satu kreasi mulai sejak beling yang paling mudah merupakan menggunakan gelas kaca sebagai wadah potlot. Supaya lebih cakap, Ia boleh melukis motif-motif terbelakang di permukaannya.

Dengan sejenis ini meja sparing atau kenap kerja Anda akan terlihat makin menjujut.

3. Reka cipta dari Kaca Menggunakan Bahan Limbah Kaca

kreasi kerajinan dari kaca

Contoh kerajinan berpunca kaca nan satu ini sudah naik tingkat dari kreasi-reka cipta beling sebelumnya. Enggak sekedar memanfaatkan benda kaca yang sudah ada, tapi Anda sebenarnya juga bisa membuat beragam benda kerajinan dari limbah kaca.

Kaca yang sudah tidak terpakai biasanya hanya dibuang dan tak berharga, tapi dengan keuletan dan keterampilan senyatanya masih boleh terjamah menjadi kerajinan yang memiliki nilai seni. Sudah banyak pengrajin yang membuktikan hal tersebut.

Berbunga limbah kaca yang nyaris gratis akan menjadi kerajinan berfaedah ratusan mili hingga jutaan rupiah seandainya diolah. Apalagi varietas kerajinan ini memiliki potensi ekspor yang bagus. Jika telah memiliki pelanggan dari luar negeri, harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi lagi.

Walaupun kontol latihan dan keuletan, tapi pembuatan kerajinan limbah beling layak sederhana. Objek limbah beling nan sudah didapat terlampau dipotong menjadi persegi kecil. Potongan-racikan beling kemudian ditempelkan ke guci atau vas dari gerabah.

Jikalau sudah terampil, maka Anda pun dapat mulai mewujudkan berbagai keberagaman motif pada kerajinan ini.

4. Kaca Seni dari Teknik Grafir

Kalau tadi kami sudah lalu membahas teknik lukis, contoh kerajinan dari kaca kali ini dibuat menunggangi teknik grafir. Pengrajin mencukil/menggores permukaan kaca sehingga permukaannya berubah menjadi rencana.

Dengan kesigapan dan kreatifitas, gubahan-goresan yang dibuat boleh menjadi model gambar yang luhur.

Grafir Manual

kerajinan lukisan wajah grafir kaca akrilik

Kerajinan grafir nan cukup tersohor yakni seni grafir pada akrilik (plastik kaca). Karya seni satu ini biasanya dibuat menggunakan instrumen grafir manual yang boleh digenggam. Pengrajin akan memperalat organ tersebut kerjakan menggores permukaan akrilik dan membentuk lukisan grafir.

Umumnya pola kerajinan pecah gelas nan suatu ini digunakan lakukan membuat lukisan wajah. Rata-rata pelanggan memesan durja pasangannya sebagai hadiah ataupun wajah idola bagi dipajang di rumah.

Anda boleh membaca lebih jauh tentang beragam hasil karya grafir melalui tautan berikut:
SENI GRAFIR.

Grafir Sandblast

kaca lukis grafir

Berbeda bermula grafir akrilik yang memperalat alat yang berbentuk sebagai halnya pena, kaca grafir menggunakan teknik sandblast untuk mengelar meres kaca.

Ideal kerajinan kaca dengan teknik ini paling kecil sering digunakan perumpamaan kaca solek kerjakan rumah ataupun masjid.

Teknik sandblast farik dari alat grafir manual karena sandblasting dilakukan dengan cara menembakkan pasir khusus ke permukaan kaca. Teknik ini seremonial digunakan kalau pengrajin membutuhkan pengerjaan nan cepat dan terbiasa membuat paradigma nan luas.

Baca :   Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Stik Es Krim

5. Seni Kaca Sumbat bagi Ornamen Kaca Lubang angin

Gelas patri paling tenar sebagai kaca masjid atau kaca hias jendela rumah. Jenis kerajinan kaca ini bahkan lebih populer pecah gelas grafir.

Kaca Patri di Eropa

kaca patri gereja

Pada awal kemunculannya di Eropa, gelas sumpal dikenal juga sebagai kaca kembang atau
rose window. Penggunaan utama kerajinan berusul beling ini adalah sebagai kaca gereja.

Karena karya seni merupakan salah satu alat bakal menunjukkan harga diri, kaca patri di Eropa dibuat dengan suntuk megah dan berukuran raksasa.

Gambar yang ditunjukkan pun bisa beragam. Mulai terbit gambar
aliran Naturalisme
,
Romantisme,
Kubisme
hingga pola mozaik dan dekoratif.

Sampai sekarang masih banyak karya kaca patri masa lalu yang masih bertahan di katedral dan gereja raksasa Eropa.

Gelas Inlay di India

hiasan kaca inlay

Berbeda dari provinsi Eropa yang menggunakan beling sumpal untuk urusan keagamaan, kaca solek yang jasa baik di India merupakan variasi kaca inlay.

Saking tingginya statusnya, beling hias yang satu ini hanya dipersembahkan buat aji doang. Hal ini dapat dilihat pada banyaknya keraton-kastil tuanku India yang punya dinding berpunca kaca solek.

Selain juga sebagai jendela, gelas hias India dikreasikan menjadi bermacam-macam benda sebagaimana boks perhiasan, vas, piring, gombang dan beragam bagan lainnya.

Kaca Sumpal di Indonesia

kaca patri jendela

Sementara di Indonesia, dulu kaca tambal hanya digunakan puas rumah bangsawan atau juragan namun karena harganya yang lalu tangga.

Harga gelas patri nan mahal tersebut karuan tak minus sebab. Pembuatan kaca hias ini membutuhkan keterampilan yang pangkat dan bulan-bulanan-bahan yang mahal harganya.

Walaupun memiliki banyak pengrajin gelas patri, Indonesia sayangnya belum bisa memproduksi bahan kaca sumpal yang kualitasnya tinggi. Sampai saat ini pun bahan kaca sumbat yang terbaik masih harus di-impor berusul Amerika.

Semakin rumit motif gelas yang diinginkan, bahan nan dibutuhkan semakin banyak dan pengrajin yang menggarap harus semakin terampil juga. Itulah yang menyebabkan tingginya harga kaca tembel.

Selain sekedar menunggangi rajah besi dan gelas warna, umumnya kaca patri di Indonesia juga memperalat teknik bevel beling. Bevel kaca merupakan pemotongan pinggiran kaca sehingga memiliki sudut tertentu.

Dengan bevelling kaca, incaran kaca solder akan memiliki kilauan nan bermacam-macam walaupun warnanya sekufu. Karena proses bevel gelas sendiri sekedar mengikis terpinggirkan gelas, harga bevel kaca biasanya lain semahal harga pembuatan kaca patri.

KESIMPULAN SINGKAT

Padalah itu tadi berbagai pola kerajinan dari beling. Ada banyak penemuan kaca bertipe
DIY
(Do-It –Yourself)
craft
yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Ada kerajinan-kerajinan kaca yang boleh diperdalam dan memiliki nilai ekonomi seperti seni grafir kaca dan seni kaca solder. Bagi melengkapi rangkaian artikel tentang seni kaca, plong artikel berikutnya kami akan batik mengenai
Seni Lukis Kaca.

Jika Anda terdorong tidak hanya pada media kaca, kami juga memiliki artikel lain selingkung mural dan
teknik melukis tembok.

Pembaca juga mencari:

  • produksi kerajinan gelas mix pasir

Kerajinan Dari Kaca Bekas

Source: https://gizigo.id/kerajinan/contoh-kerajinan-dari-kaca/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.