Sakit Mata Pada Kucing

By | 07/08/2022

Sobat Pintar pasti sejadi jikalau mata jadi salah suatu sosi tarik terdahulu dari kucing peliharaan, ketel? Tapi apa akhirnya kalau mata sreg kucing terganggu?

Nah, setidaknya sekali seusia hidupnya kucing peliharaan, baik yang masih anak-anak maupun dewasa, umumnya akan mengalami masalah kesehatan pada indera penglihatannya, nih.

Ada sejumlah faktor yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit alat penglihatan pada meong. Berangkat dari faktor lingkungan, asupan makanan yang diberikan, hingga faktor bawaan sejak lahir.

Namun tentu kamu bak tuan jangan keburu cemas ketika menemukan meong peliharaan sedang mengalami problem kebugaran yang satu ini.

Maka dari itu, mana tahu ini PetPi bakal mengulas sejumlah macam guncangan indra penglihatan sreg meong yang umum ditemui, beserta dengan ciri-ciri dan cara mudah mengatasi nan bisa kamu lakukan seorang di rumah.

Daftar Isi

  • Inilah Jenis Nyeri Mata Puas Kucing dan Penyebabnya yang Wajib Diketahui
    • 1. Infeksi Indra penglihatan (Konjungtivitis)
    • 2. Iritasi Ain
    • 3. Ulkus Kornea
    • 4. Trauma
    • 5. Pergantian Warna Iris (Melanosis Iris)
    • 6. Glaukoma
    • 7. Katarak
    • 8. Cacing Netra Pada Kucing
    • 9. Feline Herpesvirus
  • Kenali Ciri-Ciri Kucing Guncangan Mata dari Kondisi Bodi dan Tingkah Lakunya
  • Cara Mudah Mengatasi Penyakit Mata sreg Meong Rente Sampai Dewasa

Inilah Varietas Sakit Ain Pada Kucing dan Penyebabnya nan Terbiasa Diketahui

Salah satu tanda umum kalau meong sedang mengalami godaan pada indera penglihatannya adalah mata kucing berair sampai perilaku mencakar cahaya muka yang lebih intens.

Mengenai terserah berbagai penyebab yang bisa menyebabkannya. Mempublikasikan pernyataan Dr. Jennifer Coates dari laman
PetMD.com, berikut sejumlah jenis lindu indra penglihatan pada kucing yang terlazim pemilik ketahui.

1. Infeksi Indra penglihatan (Konjungtivitis)

infeksi alat penglihatan meong – pet condition

Pertama ada kelainan infeksi mata maupun konjungtivitis yang umum ditemui pada meong dan disebabkan oleh virus, mikroba, pupuk, dan sejumlah parasit sebagai halnya cacing.

Beberapa segel infeksi mata meong, seperti kelopak mata kucing bangkang, nyonyor, keluar enceran berlebihan, rahak, serta perilaku menggosok dan menyipitkan mata.

Infeksi mata kucing pula bisa bersambung dengan infeksi lega saluran asimilasi atas, sehingga bisa sekali lagi diikuti dengan gejala bersin yang disertai ingus, lho.

Jenis infeksi yang bersifat ringan dapat sembuh sendiri dengan perawatan dan gelojoh menjaga kebersihannya. Sementara bikin kondisi parah, pasti harus mendapat penanganan sinse fauna.

2. Iritasi Mata

Kucing Sakit Mata
iritasi indra penglihatan – thr fun

Sementara itu iritasi mata pada kucing rata-rata disebabkan makanya benda-benda alergen yang subur di sekeliling lingkungannya, seperti debu, parfum, asap tembakau, dan sebagainya.

Sebagaimana manusia, gejala umum iritasi ain kucing adalah netra giang dan berair, mata kemerahan, dan ketidaknyamanan sehingga membuatnya terus menggaruk wajahnya.

Baca :   Sketsa Gambar Kupu Kupu Untuk Kolase

Masalah mata pada kucing ini galibnya mudah ditangani dengan cara mengirai mata meong dengan larutan pencuci mata hingga dia merasa cukup nyaman.

Tetapi seandainya kondisi iritasi alat penglihatan tidak membaik atau lebih-lebih bertambah memburuk, buru-buru datangi mantri dabat kerjakan penanganan secepatnya mungkin.

3. Ulkus Kornea

Penyakit Mata Pada Kucing
Ulkus Kornea – lbpost

Jenis lindu mata pada kucing berikutnya adalah ulkus kornea nan mempengaruhi kornea atau jaringan bening di permukaan mata yang dilalui maka dari itu sorot.

Ulkus kornea terjadi dikarenakan adanya luka membengang sreg permukaan indra penglihatan yang terjadi akibat infeksi, selisih, produksi air mata nan bukan memadai, alias kelainan ilmu urai pada mata.

Gejala puas ulkus kornea di antaranya adalah bagian kornea indra penglihatan kucing tertumbuk pandangan keruh, mata kemerahan, keluar cairan, hingga perilaku menyipitkan ain.

Kondisi ulkus kornea ringan dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat menggunakan obat tetes atau salep antibiotik yang direkomendasikan maka dari itu dokter hewan.

Provisional pada ulkus kornea nan cukup dalam, perlu penanganan melintasi pembedahan. Sekiranya enggak ditangani dengan tepat, gempa bumi mata kucing ini bisa menyebabkan kebutaan dan kerusakan permanen.

4. Trauma

Sejumlah kucing peliharaan Sobat Berilmu mungkin dibiarkan gelayaran ke luar flat, sehingga mungkin sahaja keadaan ini menjadi salah suatu penyebab timbulnya ki aib plong indra penglihatan kucing.

Meong berlinyak dengan kucing bukan, mengendap, atau tertabrak wahana bisa kaprikornus penyebab ain mengalami trauma, tiba dari garitan, tikaman, hingga jejas puas meres mata.

Trauma ringan belaka akan menimbulkan pendarahan kecil, kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri. Tetapi trauma rumit, mungkin bisa menyebabkan kucing kehabisan penglihatannya, lho.

5. Pergantian Warna Iris (Melanosis Iris)

Dandan ain sreg meong rata-rata enggak berubah detik dia sudah beranjak dewasa. Saja dalam beberapa kondisi, ada juga masalah perubahan warna iris alias dikenal dengan istilah melanosis iris.

Melanosis iris menyebabkan munculnya noktah-noktah coklat atau bercak pigmen puas iris. Hal ini umumnya terjadi pada kucing berusia perdua baya hingga bertongkat sendok.

Kondisi melanosis ini biasanya bukan menimbulkan masalah serius. Namun kondisi ini juga pelalah disalah artikan sebagai melanoma iris, sebuah jenis kanker nan berpotensi mendalam.

Maka berasal itu, penting cak bagi tuan bagi segera berkonsultasi dan melakukan sensor mata pada tabib hewan apabila menemukan kondisi ini pada kucing peliharaannya.

6. Glaukoma

Indera rukyat yang berlebihan privat memproduksi cairan dapat meningkatkan tekanan pada mata, yang mana kondisi ini disebut sebagai glaukoma.

Baca :   Model Baju Tenun Kombinasi Kain Polos

Glaukoma bisa disebabkan maka dari itu kelainan anatomi pada mata, infeksi, gangguan inflamasi, trauma, tumor mata lega kucing, dan masih banyak kembali.

Kondisi linu mata sreg kucing ini akan membuatnya kesakitan dan perlu penanganan sesegera mungkin dari dokter fauna untuk boleh menurunkan tekanan plong matanya.

7. Katarak

Katarak ditandai dengan kondisi mata meong berselaput yang membuatnya tertentang berawan sebatas histeris, sehingga menghalangi cahaya ikut dan menyentuh bagian pantat ain.

Kondisi ini pun dapat menyebabkan penglihatan mata kucing berkurang hingga kebutaan, tergantung dari tingkat keparahan kataraknya.

Beberapa landasan menganggap katarak yaitu hal masyarakat yang terjadi saat proses penuaan. Tetapi, katarak juga bisa disebabkan makanya faktor tidak semisal diabetes maupun paparan material beracun.

Untuk mengatasi nyeri mata pada kucing yang suatu ini dapat dilakukan melalui proses pembedahan, di mana gendang-gendang katarak akan diangkat untuk mengembalikan fungsi penglihatannya.

8. Cacing Mata Plong Kucing

Penyakit ini yaitu salah satu penyakit mata yang mahajana terjadi lega dabat peliharaan. Penyebab utama dari penyakit ini adalah cacing pada kucing yang suka-suka di mata hewan peliharaan kita.

Thelaziasis ini enggak hanya menyerang hewan peliharaan, malah hewan ternak seperti kambing arab, embek dan sapi lagi seringkali mengidap penyakit indra penglihatan ini.

Urut-urutan cacing ini dimulai momen bernga cacing thelazia terserah di kerumahtanggaan mata kucing. Setelah itu larva mulai dimakan oleh lalat yang semakin memperburuk mata kucing.

Untuk pengobatannya ia harus memperalat obat yang diberikan maka dari itu dokter satwa.

Maka dari itu, jika kelainan ini tidak sembuh selama 2 ahad, terserah baiknya kamu segera langsung ke dokter hewan terdekat.

9. Feline Herpesvirus

Penyakit ini yaitu problem nan datangnya dari virus kucing (FHV-1). Virus ini biasanya akan menginfeksi kucing yang masih sangat rentan terutama kucing yang masih muda.

Uniknya virus ini akan ketimbul tenggelam, anda akan sembuh dengan sendirinya namun juga bisa bangkit saat kucing mengalami depresi alias stres.

Bagi pengobatannya biasanya dokter akan memberikan bertentangan virusnya. Virus ini cukup berbahaya karena menyebabkan tukak kornea plong kucing.

Setiap kucing yang mempunyai tukak kornea harus diperiksa karena dapat menyebabkan hal yang fatal. Dalam kasus terberatnya, meong kelihatannya akan kesuntukan penglihatannya selamanya.

Kenali Ciri-Ciri Kucing Sakit Mata dari Kondisi Fisik dan Tingkah Lakunya

Penyakit Mata Pada Kucing
Ciri-ciri kucing guncangan mata – ctf

Lamun terdapat banyak jenis permasalahan mata pada meong, namun umumnya akan menunjukkan sejumlah ciri dan gejala begitu juga nan dilansir melampaui laman
PetHelpful.com, di antaranya:

  • Peradangan sreg mata dan kelopak mata ketiga;
  • Sempuras cingur berwarna bening, kehijauan, kekuningan, atau kecoklatan;
  • Bersin;
  • Epidermis sputum kemerahan;
  • Perilaku menggosok, mengedipkan, dan menyipitkan mata;
  • Cerih ain berwarna bening, kehijauan, kekuningan, maupun kecoklatan;
  • Kerak atau rebuk yang berpunya dekat susukan air mata;
  • Produksi cairan mata terlalu;
  • Mata kering;
  • Lesi pada mata seperti mana herpes;
  • Kelambanan, kurang nafsu makan, dan penjatuhan berat badan; sebatas
  • Demam.
Baca :   Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

Cara Mudah Mengatasi Keburukan Indra penglihatan pada Meong Anakan Setakat Dewasa

Cara Mengatasi Sakit Mata Pada Kucing
cara mengatasi remai indra penglihatan plong meong – catster

Kejadian pertama nan wajib diingat dalam menindak kucing dengan gempa bumi mata adalah jangan pernah mengasihkan obat tetes indra penglihatan manusia bakal kucing tanpa kancing tabib fauna.

Pasalnya sejumlah jenis komplikasi mata yang sudah PetPi urat kayu di atas teristiadat penanganan serius dari medikus sato atau ahlinya hendaknya enggak berdampak negatif pada meong peliharaan.

Adapun beberapa langkah memintasi masalah indra penglihatan, baik pada anak kucing alias kucing dewasa yang bisa kamu lakukan di rumah adalah laksana berikut.

  • Segera pisahkan kucing dengan problem mata dengan kucing lainnya yang ada di dalam rumah.
  • Dalam menangani kucing, pastikan kamu menunggangi sarung tangan untuk mencegah risiko kejangkitan puas kucing lain.
  • Jika kucing mengalami cairan berlebih di sekitar mata dan hidung, taajul bersihkan dengan bola kapas dan air panas kuku yang sudah disterilkan.
  • Ulangi awalan ini bilang kali sehari bagi mencegah terjadinya penumpukan kotoran pada area mata dan cingur meong.
  • Segera lakukan pemeriksaan dan observasi di dokter satwa cak bagi mengetahui jenis masalah mata berikut dengan awalan penanganannya.

Demikianlah butir-butir pendek mengenai beberapa jenis remai ain pada kucing yang umum ditemui, berikut dengan ciri dan gejala yang perlu ia perhatikan plong peliharaanmu.

Lalu, jangan mengacak melakukan inisiatif privat mengatasi permasalahan ini. Segera konsultasikan dengan ahli dan dokter dabat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan aman.

Jika sira suka dengan artikel
PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow kembali Instagram
@pintarpet
untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian:
Wara-wara ini dihimpun bermula beberapa sumur. Cak regu PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, mortalitas, kerusakan ataupun kemalangan langsung maupun tak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk kenyataan dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan tabib hewan terdekat.

Terbit:
Senin, 21 September 2020, 16:00 WIB

Update pada:
Sabtu, 27 Maret 2021, 16:00 WIB

Sakit Mata Pada Kucing

Source: https://petpintar.com/kucing/jenis-sakit-mata-pada-kucing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.