Uji Validitas Dan Reliabilitas Spss

Kaidah melakukan Uji Keabsahan Product Moment dengan SPSS | Setiap pendalaman yang dilakukan dengan menunggangi metode pol atau kuesioner maka teradat dilakukan uji kebenaran. Uji kebenaran berguna buat mengetahui kevalidan atau kesesuaian angket yang digunakan maka dari itu peneliti untuk memperoleh data dari para responden atau sampel pendalaman. Uji validitas product moment pearson correlation menggunakan prinsip mengkorelasikan atau mengikat antara sendirisendiri ponten item atau pertanyaan dengan skor total yang diperoleh berpangkal jawaban responden atas kuesioner.

Bawah Pengambilan Keputusan Uji Validitas Product Moment

Setiap uji dalam statistik tentu punya dasar privat pengambilan keputusan sebagai bahan lengkap maupun pedoman untuk membuat deduksi. Sejenis itu pula uji legalitas product moment pearson correlation ini. Adapun dasar pemungutan keputusan dalam uji ini, bisa dilakukan melangkahi beberapa kaidah adalah:

*Membandingkan Ponten r hitung dengan Skor r tabel

  1. Takdirnya ponten r hitung > r tabel, maka item soal survei tersebut dinyatakan valid.
  2. Kalau kredit r hitung < r tabel, maka item soal jajak pendapat tersebut dinyatakan tak andal.




*Membandingkan Angka Sig. (2-tailed) dengan Probabilitas 0,05

  1. Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 dan Pearson Correlation bernilai positif, maka item soal jajak pendapat tersebut bonafide.
  2. Sekiranya nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 dan Pearson Correlation bernilai negatif, maka item pertanyaan pol tersebut tidak valid.
  3. Takdirnya nilai Sig. (2-tailed) > 0,05, maka item soal survei tersebut tidak valid.

Acuan Kasus Uji Validitas Product Moment privat Penelitian

Menuju kebagian praktek, yakni cara melakukan uji legalitas product moment dengan SPSS. Data yang akan saya uji validitas merupakan data Kooperasi Siswa dalam Penyaringan Ketua OSIS dengan jumlah responden berjumlah 20 siswa atau Ufuk = 20 dan item tanya sebanyak 7 buah. Uji validitas ini akan dilakukan dengan sambung tangan programa SPSS versi 21. Adapun tabulasi data jawaban responden boleh tatap pada diagram di dasar ini.

Baca :   Model Baju Lebaran Gamis Couple Keluarga 2020

Tabulasi Data Uji Validitas Product Moment dengan SPSS

[Download Data excel Input-Output SPSS]

Karangan:
pertanyaan tersebut adalah jenis pertanyaan positif (favorable) dengan skala likert dimana setiap soal memiliki lima saringan jawaban dengan penskorannya, umpama berikut:

  1. Sangat Lain Setuju (skor 1)
  2. Kurang Semupakat (skor 2)
  3. Layak Setuju (skor 3)
  4. Seia (poin 4)
  5. Dahulu Sekata (poin 5)


Langkah-langkah Uji Validitas Product Moment dengan SPSS

1.
Persiapkan diagram data angket yang ingin di uji n domestik file doc, excel, dll (sebagaimana model di atas ada di excel). Buka program SPSS, kalau anda belum n kepunyaan silahkan download SPSS full version. Kemudian klik
Variable View, di fragmen pojok kiri asal programa. Pada bagian
Name
tuliskan Item_1 ke dasar sampai Item_7 (sampai 7 karena item soal dalam contoh ini berjumlah 7 buah) terakhir tulis Skor_total. Pada
Decimals
silih semua menjadi angka
, untuk fragmen
Measure
pilih
Scale, abaikan hanya untuk pilihan nan lainnnya.

Uji Validitas Product Moment dengan SPSS

2.
Klik
Data View
(di bagian pojok kiri sumber akar) dan masukkan data skor angketnya, boleh dilakukan dengan cara copy paste bersumber grafik data jajak pendapat yang sudah dipersiapkan tadi.

Cara melakukan Uji Validitas Product Moment dengan SPSS

3.
Selanjutnya, memilah-milah menu
Analyze, kemudian pilih sub menu
Correlate, lalu pilih
Bivariate

4.
Kemudian unjuk kotak bau kencur, berbunga peti dialog “Bivariate Correlations”, masukkan semua variabel ke kotak
Variables:. Puas bagian “Correlation Coefficients” centang (v)Pearson, plong bagian “Test of Significance” pilih
Two-tailed. Centang
Flag significant Corerrelationslalu klik
Ok untuk mengakhiri perintah.

5.
Lebih lanjut akan muncul Output kesudahannya. Adv amat kita interpretasikan hasil tersebut, sebaiknya menjadi bertambah jelas dan mudah dipahami.

Uji Validitas Product Moment dengan SPSS Output

Tafsiran Output Uji Validitas Product Moment SPSS

Dari output SPSS di atas, sebenarnya kita mutakadim bisa mengetahui apakah item-item angket nan digunakan mustakim maupun bukan. Akan tetapi keadaan tersebut dirasa belum cukup jelas terlebih cak bagi anda nan baru mula-mula mana tahu menggunakan SPSS lakukan menganalisis data pengkajian. Cak bagi menginterpretasikan output di atas, karuan kita harus melihat kembali bawah pemungutan keputusan dalam uji validitas terlebih habis, sebagai halnya yang mutakadim saya jelaskan di awal.

Baca :   Cara Memakai Dasi Segitiga

*Pemungutan Keputusan Berdasarkan Kredit r hitung dengan Nilai r diagram

Contoh kita akan menganalisis apakah item pertanyaan nomor 1 valid atau tidak. Berlandaskan output “Correlations” diketahui skor r hitung (nilai Pearson Correlation Item_1 dengan Skor_Total) yaitu sebesar 0,886. Langkah lebih lanjut adalah mencari skor r tabulasi kerjakan N=20 sreg denotasi 5%, ditemukan kredit r tabel sebesar 0,444. Lihat tulangtulangan di dasar ini.

[Download Distribusi r diagram Signifikansi 5% dan 1%]

Selanjuntya, angka r tabel ini kemudian kita bandingkan dengan nilai r hitung yang telah diketahui dari nilai output SPSS sebelumnya. Karena nilai r hitung Item_1 sebesar 0,886 > r grafik 0,444, maka sebagaimana pangkal pengambilan keputusan intern uji kesahihan dapat disimpulkan bahwa Item_1 adalah valid.

*Pengambilan Keputusan Berdasarkan
Skor Sig. (2-tailed) dengan Probabilitas 0,05

Andai kita kepingin mengaram sekali lagi apakah item soal nomor 1 valid maupun tidak. Beralaskan output “Correlations” di atas, diketahui nilai Sig. (2-tailed) bagi hubungan atau korelasi Item_1 dengan Skor_Total adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan Pearson Correlation bernilai positif yakni sebesar 0,886, maka dapat disimpulkan bahwa Item_1 adalah valid. Karena item soal nomor 1 dinyatakan valid maka item pertanyaan tersebut dapat dijadikan sebagai alat pengumpul data nan akurat dalam sebuah pendalaman.

Catatan:
cak bagi mengetahui kevalidan item cak bertanya nomor 2 dan seterusnya, caranya separas sama dengan plong waktu kita menganalisis item soal nomor 1.

Kemudian cak bagi analisis kevalidan item pertanyaan angket privat panduan ini, anda dapat mengintai pada tabel rangkuman uji validitas untuk data Partisipasi Siswa kerumahtanggaan Seleksi Kepala OSIS di sumber akar ini.

Uji Validitas Product Moment SPSS

Adendum Info:
Soal yang sering muncul yakni bagaimana kemudian kalau terdapat bilang item pertanyaan dalam angket yang tidak valid?

Baca :   Cara Membuat Bunga Dari Kertas Kado

Jawabannya adalah: kalau angket tersebut valid tentunya enggak ada keburukan, sekadar jikalau tidak lantas bagaimana solusinya? Nah, perlu diperhatikan bahwa takdirnya setelah dilakukan validitas product moment pearson correlation terdapat item soal yang tidak valid, maka terserah beberapa pilihan solusi yang dapat beliau bikin yakni: (1) Mengulang dan mengganti dengan soal nan tidak, (2) Mengulang survei dan dibagikan kepada responden lagi minus harus diganti soalnya, (3) Tidak mengubah tanya dan tidak membagikan ulang angket kepada responden, doang item angket yang tidak valid tersebut di jatuh-out (dengan catatan item nan teruji masih dapat mengilustrasikan dan mengukur variabel yang diteliti) dan tidak ikut dihitung kerumahtanggaan pengujian berikutnya (uji reliabilitas). Kalau saya sih kian memilah-milah yang ketiga karena tak rebet (hanya sekedar saran). Hehehe

Demikian artikel berlatih SPSS dengan tajuk cara melakukan uji kebenaran
product moment
dengan SPSS, jikalau artikel ini bermanfaat silahkan tinggalkan jejak anda dengan cara berkomentar, suara minor dan saran yang membangun dahulu kami harapkan. Terimakasih… Baca pula kata sandang lebih jauh mengenai Mandu Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS

Tonton: VIDEO Uji Validitas Pearson Product Moment bikin Kuesioner dengan SPSS

[Search:


Kaidah melakukan Uji Legalitas Product Moment dengan SPSS

, Persiapan-ancang melakukan Uji Validitas Product Moment Pearson Correlation, Bagaimana cara mengamalkan uji keabsahan survei dengan Acara SPSS, Mandu melakukan uji validitas disertai Tulang beragangan] [Img: Pertinggal hasil olah data dengan uluran tangan programa SPSS versi 21]

UPDATE DATA: JUM’AT, 19 FEBRUARI 2021

Uji Validitas Dan Reliabilitas Spss

Source: http://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-momen-spss.html

Check Also

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan

Mengapa Kepala Burung Garuda Menoleh Ke Kanan Youtube Majalah Bobo Cak kenapa Burung Garuda Pancasila …